Tempat Makan Di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Makan Di Solo Yang Wajib Dikunjungi – Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kios angkringan atau HIK Solo merupakan salah satu warisan budaya takbenda Jawa Tengah. Selain angkringan, ada 50 budaya lain di Jawa Tengah yang diberi status sama.

Data yang diperoleh Solopos.com dari 51 budaya Jawa Tengah ditetapkan sebagai warisan budaya takbenda, 28 di antaranya merupakan warisan budaya, termasuk seni kuliner masyarakat Kota Solo. Ke-28 budaya tersebut mulai dari Timlo Solo, Serabi Notosuman, Sate Kere hingga Kios HIK Solo.

Tempat Makan Di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Makan Di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Eris Junianto, Kepala Bidang Pengembangan Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah, mengatakan penetapan 51 budaya Jawa Tengah sebagai warisan budaya takbenda dilakukan pada akhir Oktober 2021. Pemerintah Provinsi Pusat Jawa (Pemprov) sebenarnya mengajukan 52 calon WBTB, namun hanya 51 yang disetujui.

Selain Selat Solo, Ini 10 Makanan Khas Solo Yang Wajib Dicoba

Eris mengatakan dengan diberikannya gelar WBTB, pemerintah dan pekerja budaya memiliki kewajiban untuk menjaga pelestarian dan pemeliharaannya. Tujuannya agar budaya atau tradisi tersebut terus berlanjut dan berkembang. Jika tidak, statusnya dapat dibatalkan.

Tempat Makan Di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Solo Gibran Rakabooming berjanji akan memberikan ruang bagi peritel besar agar berkelanjutan. Salah satunya adalah pembuatan kawasan khusus di kota Solo, yang dapat dijadikan sebagai pusat kuliner untuk bumi perkemahan.

Kheri Priyatmoko, sejarawan muda Kota Solo, dalam acara “Dynamics 103”, Kamis (04.11.021) mengatakan, berdasarkan beberapa data dan literatur sejarah, Kota Solo dijuluki “Kota Keplek Ilat”, “tepuk tangan”. bahasa”. Identitas itu tidak muncul secara tiba-tiba, sudah ada sejak lama. Julukan ini berasal dari fakta bahwa Solo memiliki berbagai jenis makanan dan dikenal sangat enak.

Tempat Makan Di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Ini Dia 10 Wisata Kuliner Solo 2021 Yang Harus Kamu Coba Saat Menginap Di Bobobox Solo Slamet Riyadi

Sedangkan warisan budaya takbenda adalah proses regenerasi atau transmisi pengetahuan tentang seni kuliner, baik resep, cara penyajian, maupun kreativitas. Tampaknya regenerasi mungkin akan terjadi di Solo, salah satunya adalah HIK (Desa Pengiriman Istimewa) atau yang dikenal dengan angkringan di Jogje.

Menurut surat kabar Jawi Swara pada tahun 1913, kata angkring menjadi pemberitaan ketika masyarakat Kauman, Solo mengejar seorang pencuri yang sedang bersembunyi di antara angkring atau pikul saat itu. Kejadian ini menjadi bukti bahwa Angkringan sudah lama berada di Solo.

Tempat Makan Di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Angkringan tersebut kemudian berubah nama menjadi HIK di Sol. Hal ini mengacu pada Buku Putih yang diterbitkan oleh pemerintah kota Solo pada tahun 1980-an.

Wisata Kuliner Solo Yang Melegenda, Ada Sejak Masa Kolonial

Menurut Heri, predikat warisan budaya takbenda harus dijawab secara strategis. Metode tersebut antara lain sosialisasi pengetahuan sejarah dan HIK yang tidak terbatas pada kelas dan suku, pemberian kesempatan. Misalnya, membeli gerobak bekas dari angkringan.

Tempat Makan Di Solo Yang Wajib Dikunjungi

“Kita harus berusaha lebih memperhatikan mereka, misalnya lebih sering makan di HIK. Dengan Dilaris, mereka bisa tetap terapung. Ayo makan sesuatu di HIK,” pungkas Hyeri.

Mayoritas teman-teman warga Solo program Dinamika 103, Kamis (11/4/2021), bangga dengan predikat warisan budaya takbenda yang diusung Kota Solo. 67% teman Solopos mengaku bangga dan 33% mengaku baru mendengarnya. Hal ini didasarkan pada

Tempat Makan Di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Makan Keluarga Di Solo Wajib Dicoba Enak & Murah

“Daftar favorit saya adalah Serabi Notosuman, Anda dapat membuat kenangan jika Anda memiliki teman atau keluarga. Kalau benar akan dibuatkan zona khusus untuk pedagang HIK, saya setuju. Ini agar lebih tertata, bersih, dan mungkin kedepannya bisa menjadi tempat wisata”, tutup Nur.

“Solo terkenal dengan kota yang tidak pernah tidur. Begitu juga dengan masak 24 jam kalau tahu tempatnya. Bagi saya dan istri, makanan favorit Solo adalah selat & timlo. Saya juga berhasil pergi ke HIK di kota barat dan pesan dua nasi gulung dan teh panas, saya terkejut hanya membayar Rs 2.500,” pungkas Priyanto.

Tempat Makan Di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Wartawan Grup Radio Solopos FM. Penulisan konten untuk Solopos FM Group, yaitu website dan radio Solopos FM. Solo mungkin tidak sepopuler saudaranya, Yogyakarta. Namun, kota yang juga pernah menang di bawah pemerintahan Kasultanan Surakarta ini bisa dibanggakan dengan kulinernya. Mengunjungi kota berarti mendapatkan kesan baru dan dengan demikian kelezatan kuliner Solo.

Rumah Makan Di Solo Favorit Para Wisatawan Rumah Makan Di Solo

Untuk mengetahui tempat wisata di Solo, simak rangkuman 10 tempat wisata kuliner Solo yang wajib dicoba berikut ini:

Tempat Makan Di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Jika Anda pergi ke Yogyakarta Anda harus mencoba gudeg, Timlo adalah suatu keharusan di Solo. Anda dapat dengan mudah menemukan Timlo di Solo, tetapi Anda harus mengunjungi “legenda” Timlo, Timlo Sastro.

Seperti apa Timlo? Timlo adalah sejenis kuah kaldu ayam yang berisi wortel, ampela hati, kentang, sosis saja dan daging ayam. Thyme biasanya dimakan dengan nasi dan kerupuk. Timlo Sastro telah menjadi salah satu timlo paling populer sejak tahun 1952.

Tempat Makan Di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Rumah Makan Di Kota Solo

Timlo Sastro terletak di belakang Pasar Gede Timur, di tempat yang mudah dijangkau karena sudah sangat populer. Tempat wisata kuliner ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 15.00. Hal unik lainnya: di sini Anda akan ditemani oleh musik keronkong live yang dibawakan oleh sekelompok pengamen jalanan yang telah “disewa” untuk menghibur para pelanggan.

Menikmati kelezatan kuliner Solo di tengah persawahan yang hijau akan menjadi pengalaman menarik yang tidak akan pernah Anda lupakan. Semilir angin yang sejuk juga akan menambah kenikmatan bersantap dan bersantai bersama keluarga. Semua itu bisa Anda temukan di Bale Padi Resto yang terletak di Jalan Kadilangu, Baki Pandeyen, Solo.

Tempat Makan Di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Destinasi wisata kuliner ini memiliki konsep pelayanan siang dan malam yang berbeda. Kuliner khas tradisional seperti tahu goreng, gepuk empal, tempe goreng pare dan gulai kakap disajikan dalam menu dari pagi hingga malam. Di malam hari Anda dapat menemukan berbagai hidangan seafood yang lezat. Jangan lupa pesan kelapa bakar pedas. Minuman unik ini merupakan perpaduan kelapa muda sangrai yang disajikan dengan air berbumbu yang mengandung jahe, cengkeh, lemon, dan kayu manis. Cara menikmatinya, cukup campurkan air pedas ini dengan batok kelapa.

Tempat Kuliner Malam Di Solo Yang Enak & Murah

Roemahkoe Resto atau yang lebih dikenal dengan Restoran Laras menjadi destinasi wisata kuliner bernuansa Jawa yang wajib dikunjungi. Tempat wisata kuliner yang terletak di Jalan Radjiman 501, ini berada di kompleks perumahan yang juga bernuansa sama.

Tempat Makan Di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Dasar dari menu Roemahkoe Resto adalah nasi jemblung yang merupakan hidangan khas kerajaan. Nasi gemblung disajikan dengan lidah sapi yang dimasak dalam rebusan. Cara penyajiannya juga unik dan cantik: dilapisi daun pisang, nasi berbentuk cincin raksasa, dan lidah sapi diletakkan di tengah cincin. Sebagai tambahan yang enak, nasi ini juga dilengkapi dengan sambal terasi, irisan mentimun dan kerupuk kulit.

Untuk minuman, jangan lupa pesan jemol, yang juga enak banget. Jemol terbuat dari air jahe, gula pasir, serai, kelapa muda, kacang tanah sangrai dan irisan roti. Selain makanan khusus, Roemahkoe Resto juga menawarkan live music pada hari Jumat dan Minggu.

Tempat Makan Di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Di Solo Yang Seru Untuk Dikunjungi

Di Bandung jajanan ini dikenal dengan surabi, di Solo namanya sedikit berubah menjadi serabi. Serabi yang populer adalah Serabi Notosuman yang terletak di Jalan Moh. Yamin (sebelumnya dikenal sebagai Jalan Notosuman).

Pancake ini berbeda dengan Bandung. Serabi Notosuman tidak disajikan dengan saus, hanya ada dua rasa, original dan coklat. Namun jajanan berbahan campuran tepung beras dan santan ini tetap diminati oleh warga Solo dan wisatawan luar kota. Rasa asinnya sangat cocok untuk teh hangat di sore hari.

Tempat Makan Di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Di malam hari dan dengan perut kosong? Kunjungi Pasar Malam Galabo (Gladag Langen Bogan) yang terletak di Jalan Mayor Sunaryo. Pasar malam ini buka dari pukul 17.00 hingga 05.00, dan pada siang hari tempat ini berfungsi seperti jalan biasa.

Wisata Kuliner Hits Dan Legendaris Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Selain deretan pertokoan dan bank, pasar malam ini juga memiliki Wi-Fi gratis dan live music untuk menghibur pengunjung. Di sini Anda bisa menemukan banyak kuliner khas Solo seperti tengkleng, sate kere, mie toprak, vedang ronde dan lain-lain. Beberapa yang populer di sini adalah Sate Kere Yu Rebi dan Susu Segar Shi Jack.

Tempat Makan Di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Pernahkah Anda mendengar dapur yang disebut sempit? Selat ini sebenarnya sejenis Salad, tetapi namanya diubah setelah menyebut penduduk setempat. Salah satu tempat wisata kuliner yang ditawarkan menu ini adalah Warung Selat Mbak Lies yang terletak di Jalan Serengan 42.

Menu utama di Warung Selat Mbak Lies adalah selat Bestik. Bestik selat adalah kombinasi irisan daging sapi, telur pindang, wortel, kentang goreng, buncis, selada, acar, bawang merah cincang dan mayones jawa. Minuman yang cocok untuk menemani Anda makan selat adalah degan es. Di sini Anda bisa memilih antara Gula Jawa, Gula Putih atau Sirup sebagai pemanis.

Tempat Makan Di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Kuliner Di Solo Yang Enak Tenan

Tempat wisata kuliner ini juga memiliki dekorasi yang terlihat “kotor” karena banyak koleksi barang antik seperti gerabah kuno yang memenuhi ruang makan ini. Yang unik dari Warung Selat Mbak Lies adalah pramusajinya yang memakai seragam cantik berwarna cerah. Tempat wisata kuliner ini buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore.

Jika Anda berkunjung ke Solo, Anda pasti harus mencoba Tengklen Bu Edi. Tengkleng dikenal sebagai makanan orang miskin pada zaman dahulu. Ini karena tenkleng terbuat dari tulang kambing yang hanya menyisakan sedikit daging. Tengkleng disiapkan dengan dua cara: dengan dan tanpa santan. Rasanya yang segar, asam, dan asin membuat makanan pria malang ini kini banyak diminati dan menjadi salah satu kuliner yang wajib ada di Solo.

Tempat Makan Di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Tengkleng Bu Edi mungkin adalah Tengkleng paling populer di Solo. Jangan bayangkan ini adalah restoran besar. Tengkleng Bu Edi terletak di gerbang utara Pasar Semanggi dan tidak menyediakan tempat duduk untuk pelanggan karena keterbatasan tempat. Tapi jangan salah, Bu Edi tankling yang buka sepanjang hari ini sudah memiliki banyak followers dan sold out hanya dalam waktu 3 jam.

Empat Jajanan Di Solo Dibawah Sepuluh Ribu Yang Wajib Kamu Coba

Solo sangat kreatif dalam hal memasak. Jika biasanya makan sate yang sama, saatnya mencoba sate buntel khas Solo. Seperti namanya, sate ini dibungkus sebelum dibakar. Dibungkus bagaimana? Sate ini terdiri dari daging domba cincang yang dibumbui dengan bumbu dan dibungkus dengan lemak kambing tipis. Dengan membakar lemak

Tempat Makan Di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Tempat yang wajib dikunjungi di singapura, tempat wajib dikunjungi di solo, tempat makan di yogyakarta yang wajib dikunjungi, tempat makan di ubud yang wajib dikunjungi, tempat wisata di solo yang wajib dikunjungi, tempat kuliner di solo yang wajib dikunjungi, tempat makan yang wajib dikunjungi di bandung, tempat makan di bali yang wajib dikunjungi, tempat makan di jogja yang wajib dikunjungi, tempat yang wajib dikunjungi di solo, tempat makan yang wajib dikunjungi di jakarta, tempat kuliner di bogor yang wajib dikunjungi