tanda-tanda kiamat

Hati-Hati, Sebagian Tanda-Tanda Kiamat Sudah Terjadi, Mari Tingkatkan Iman

Hati-Hati, Sebagian Tanda-Tanda Kiamat Sudah Terjadi, Mari Tingkatkan Iman

Bagi umat muslim tentunya tanda-tanda kiamat adalah salah satu pengetahuan dasar yang sudah dipelajari oleh semua orang sejak kecil atau di bangku pendidikan dasar. hari kiamat ataupun bisa juga disebut hari akhir suatu hari di mana semua makhluk hidup yang ada di bumi nyawanya akan diambil oleh Allah SWT lalu bumi serta semua jagat raya akan dihancurkan.

Secara teori mungkin banyak yang tidak mempercayainya karena percaya terhadap nalar, tetapi bagi orang beriman pastinya kan percaya di mana datangnya hari tersebut. Sedangkan dalam firman allah juga sudah menyebutkan mengenai adanya beberapa tanda-tanda yang sudah mengindikasikan bahwa kiamat sudah dekat. Mungkin dikarenakan jarang memperhatikan hal ini, banyak yang tidak menyadari mengenai sudah bermunculan pertanda dari hari kiamat dan memuat banyak dari mereka tidak ada motivasi untuk memperbaiki ibadah.

Mengetahui Pertanda Mengenai Kiamat Sugra atau Kecil

Kiamat kecil atau bisa diketahui sebagai kiamat sugra merupakan suatu awalan sebelum terjadinya kiamat kubra. Sekarang ini sudah terjadi beberapa tanda-tanda kiamat sugra sehingga menjadi seharusnya bahwa kita sebagai umat beragama harus bisa mempersiapkan diri dengan menyadari bahwa hari akhir itu juga semakin dekat. Apabila lupa pakai bahkan tidak mengetahui mengenai tanda-tanda tersebut, bacalah informasi dibawah ini.

Sebenarnya dengan meninggalnya Rasulullah SAW sudah dijadikan sebagai salah satu pertanda kecil dari hari akhir. Bahkan dengan adanya kematian para ulama juga bisa dijadikan sebagai pertanda kecil apalagi sudah mulai diangkatnya berbagai pemimpin bodoh untuk dipercaya. Namun mengenai tanda ke kecil lainnya juga sudah disebutkan dalam hadits. Contohnya seperti terjadi banyaknya bencana alam, waktu terasa singkat, dan masih banyak lainnya.

Bahkan aktivitas umum sekarang ini juga sudah disebutkan dalam beberapa pertanda kiamat kecil seperti maraknya terjadinya aktivitas riba. Contoh praktik riba itu sudah tergambar secara langsung dari berbagai aktivitas pemilu sekarang ini seperti internet dan proses pinjam-meminjam oleh beberapa bank konvensional. Dikarenakan hampir beberapa tanda-tanda kiamat kecil di atas sudah terjadi sekarang ini, diharapkan orang-orang beriman bisa lebih meningkatkan iman mereka.

Mengetahui Pertanda Adanya Kiamat Kubra atau Besar

Para kaum umat muslim harus memberikan perhatian mereka mengenai datangnya hari akhir dalam mempersiapkan diri untuk menyambut hari tersebut. Adanya hari akhir itu bisa ketahui dengan memahami adanya beberapa tanda dari kiamat kubro atau besar. Pertanda tersebut juga sudah pada suatu hadis sehingga tidak perlu dilakukan lagi mengenai kebenarannya.

Salah satu dari beberapa tanda tersebut dimulai dengan munculnya kabut atau dukhan, dengan kemunculan kabut tersebut dipercaya akan membingungkan bagi manusia yang tidak beriman. Lalu matahari terbit dari barat juga merupakan tanda paling mengerikan dari datangnya hari kiamat. Jika hal ini sudah terjadi maka sudah bisa dipastikan bahwa hari itu adalah hari dimana kiamat akan benar-benar terjadi. Kemunculan Dajjal juga menjadi salah satu pengetahuan umum bagi umat muslim tanda-tanda kiamat kubro.

Penggambaran dari dajjal itu ialah seorang keturunan adam yang muncul pada akhir zaman dan digambarkan sebagai seorang ciri-ciri terdapat tulisan ka-fa-ra diantara kedua matanya lalu hanya memiliki satu mata karena mata kanannya buta. Dikatakan jika kemunculan ya’jud dan ma’jud dikaitkan dengan hari kiamat. Menurut agama Islam, ya’jud dan ma’jud merupakan suatu kaum penghancur yang akan muncul di akhir zaman.

Selain itu juga diriwayatkan dari sabda rasulullah SAW bahwa “kiamat tidak akan terjadi sebelum kemunculan api dari tanah hijaz yang dapat menerangi leher unta di bushro.” Lalu mengenai pertanda selanjutnya ialah turunnya Isa bin Maryam untuk memerangi kaum yakjud dan makjud. Dan terakhir munculnya api di Yaman untuk mengirim semua manusia ke tempat berkumpul.

Meskipun sudah diberikan petunjuk mengenai pertanda adanya hari kiamat, tetapi tidak ada yang tahu kapan hari tersebut akan datang. Maka dari itulah untuk bisa mempersiapkan diri ketika hari tersebut tiba ialah dengan memperkuat iman serta perbaiki ibadah agar nantinya ditempatkan di tempat terbaik di sisi Allah SWT.

Apalagi untuk sekarang ini memang sudah terlihat bahwa telah terjadi beberapa pertanda kiamat kecil sehingga seharusnya bisa dijadikan sebagai pengingat bahwa datangnya hari akhir kubro itu tidak akan lama. Sebab tanda-tanda kiamat kecil seperti wafatnya Rasulullah SAW juga sudah terjadi beberapa ratus tahun silam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *