Sedang Tren! Penggunaan Tali Masker Dinilai Beresiko, Ini Alasan nya

Penggunaan tali masker atau strap ini sedang ramai di perbincangkan, Pasalnya banyak masyarakat yang mengikuti tren penggunaan tali masker ini, namun penggunaan tali masker ini tidak sepenuh nya bermanfaat dikarenakan berpotensi menyebarkan virus Covid-19.

2 Penyebab berbahaya memakai tali masker

Prof Wiku Adisasmito selaku Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 menjelaskan pemakaian tali masker berisiko menularkan COVID-19. Ada 2 penyebab mengapa pemakaian tali ini membuat masker menjadi tak steril.
“Pemakaian kalung pada tali masker sebenarnya berpeluang mengurangi higienitas karena masker pada bagian sisi dalam habis dipakai sudah terkontaminasi droplet saat bicara atau batuk ataupun udara hasil hela napas yang kotor,” jelas Prof Wiku, Kamis (25/2/2021).

Droplet yang tertinggal di masker bisa menyebar dan terhirup oleh orang lain di sekitar. Maka dari itu, Wiku lebih menyarankan untuk menggunakan kantung atau dompet khusus sebagai tempat penyimpanan masker.

“Kedua hal ini dapat menjadi sumber infeksi dari orang sekitarnya, maupun terpapar droplet dan aerosol dari lingkungan dan dapat terhirup menjadi sumber infeksi bagi pemakainya,” sebutnya.

“Menggunakan kantung, baik kertas maupun berbahan lain yang aman untuk penyimpanan masker saat makan ataupun minum dan ditutup dengan rapat,” ucap nya.

Wiku menekankan untuk selalu memastikan kondisi tangan Kamu steril saat akan menggunakan masker baik melepaskan masker.

Jadi penggunaan tali “Strap” masker beresiko menularkan karna dua alasan tersebut, oleh karena itu tetap memakai masker dan simpan masker di tempat yang higienis.

BACA JUGA  Ada Tujuh Provinsi Yang Tersedia Untuk Formulir Vaksinasi Covid-19 Lansia, Berikut Link Dan Cara Mudah Mendaftar nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *