Pemilihan PM Inggris Baru Digelar Pekan Depan, Siapa Pengganti Liz Truss?

www.naturaful.net – Liz Truss mengundurkan diri dari jabatan Perdana Menteri (PM) Inggris. Lalu siapakah kandidat yang bisa menjadi PM Inggris berikutnya?

Dilansir BBC, Kamis (20/10/2022), usai Truss mengundurkan diri, spekulasi dan hiruk pikuk tentang siapa yang bisa menggantikan Truss sebagai pimpinan Partai Konservatif dan PM Inggris dimulai.

Mantan saingan Truss pada pemilihan PM Inggris lalu, Rishi Sunak adalah nama favorit pengganti Truss. Lalu diikuti oleh Penny Mordaunt dan Menteri Pertahanan Ben Wallace.

Sementara itu, Jeremy Hunt telah mengesampingkan dirinya dari pertarungan. Nama mantan PM Boris Johnson adalah favorit keempat untuk kembali ke Downing Street.

Truss menyatakan mundur dari PM Inggris. Truss mengakui bahwa tidak bisa melaksanakan mandat yang telah diberikan oleh Partai Konservatif.

“Namun saya mengakui, mengingat situasinya, saya tidak dapat menjalankan mandat oleh partai Konservatif yang telah memilih saya,” kata Liz Truss .

Truss mengatakan dia telah mengajukan pengunduran dirinya kepada Raja Charles II. Dia menambahkan bahwa pemilihan PM Inggris baru akan berlangsung dalam waktu seminggu ke depan.

Mudurnya Truss menjadikan dia sebagai perdana menteri terpendek yang pernah ada di Inggris. Dia mundur usai 6 minggu atau 45 hari menjabat.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://www.naturaful.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.naturaful.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”