Optimisme Joe Biden atas Terpilihnya Rishi Sunak jadi PM Inggris

www.naturaful.net – Presiden AS Joe Biden pada hari Senin (24/10/2022) menyebut pemilihan Rishi Sunak dari Inggris untuk menjadi perdana menteri berikutnya sebagai “tonggak terobosan”.

Hal ini disampaikanya dalam resepsi untuk merayakan Diwali.

Dilansir dari The Hill, Sunak, mantan menteri keuangan Inggris, akan menjadi pemimpin kulit berwarna pertama di negara itu dan orang Hindu pertama yang menjabat PM Inggris.

Diwali, yang dimulai pada hari Senin, dikenal sebagai festival cahaya Hindu.

“Diwali adalah pengingat bahwa kita masing-masing memiliki kekuatan, untuk menghilangkan kegelapan dan membawa terang ke dunia,” kata Biden dalam sambutannya di Gedung Putih.

“Itu adalah pilihan, dan kami membuat pilihan itu setiap hari. Hal itu benar dalam hidup kita dan dalam kehidupan bangsa ini, terutama dalam kehidupan demokrasi, baik di sini, di Amerika atau untuk keluarga di India yang menandai 75 tahun kemerdekaan. Atau apakah itu Inggris, di mana baru hari ini kita mendapat berita bahwa Rishi Sunak sekarang adalah perdana menteri,” tambahnya.

Biden lantas menyebut terpilihnya Sunak adalah sebuah tonggak terobosan yang penting.

Biden bergabung di acara Diwali Wakil Presiden Kamala Harris, yang dia akui sebagai wakil presiden Amerika Afrika-Amerika, India-Amerika, dan wanita pertama di Amerika Serikat.

Naiknya Sunak menjadi perdana menteri terjadi di tengah gejolak politik di Inggris setelah Perdana Menteri Liz Truss mengumumkan pengunduran dirinya Kamis tepat setelah 45 hari menjabat.

Dia memenangkan kepemimpinan Partai Konservatif pada hari Senin dan akan menjabat sebagai perdana menteri ketiga negara itu tahun ini.

Biden mengeluarkan pernyataan singkat pekan lalu sebagai tanggapan atas pengunduran diri Truss.

Dia menegaskan kembali komitmennya untuk menjalin kerja sama yang erat antara AS dan Inggris.

Truss menjadi perdana menteri dengan masa jabatan terpendek dalam sejarah Inggris.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://www.naturaful.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.naturaful.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”