Manfaat Puasa Bagi Kesehatan yang Luar Biasa

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan yang Luar Biasa

Puasa merupakan kegiatan menahan lapar serta haus, dibalik untuk mendapatkan pahala ternyata manfaat puasa bagi kesehatan sangat luar biasa. Pada agama islam berpuasa merupakan salah satu rukun islam yang harus ditaati. Puasa ini bertujuan untuk mengasah kesabaran Kamu serta membuat rasa syukur meningkat.

Kegiatan puasa ini bukan hanya di agama Islam saja, beberapa agama seperti Buddha, Katolik, Hindu, Yahudi, dan Konghucu mempunyai tradisi puasa juga tapi dengan aturan serta tata cara yang berbeda-beda. Namun, intinya hampir sama melatih kesabaran serta disiplin.

Bagi umat islam berpuasa merupakan hal yang wajib ketika bulan Ramadhan tiba. Agar berpuasa berjalan dengan lancar ketahui beberapa manfaat puasa bagi kesehatan serta ketahui cara melakukan puasa dengan benar agar kesehatan tetap terjaga secara optimal.

5 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Puasa jika dilakukan dengan cara yang benar dapat memberikan Kamu beragam manfaat baik dari segi fisik bahkan psikologis. Nah, agar Kamu lebih bersemangat lagi dalam berpuasa berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan saat berpuasa bagi kesehatan.

  1. Gula darah akan lebih terkontrol.

Manfaat puasa bagi kesehatan pertama adalah gula dara Kamu akan lebih terkontrol dengan baik. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa orang yang berpuasa akibat pembatasan asupan makanan berupa kalori sehingga mampu untuk mengurangi adanya resistensi insulin pada tubuh.

  1. Mampu mengatasi gangguan kesehatan.

Agar manfaat yang didapat dalam berpuasa lebih maksimal Kamu harus menerapkan pola makan yang baik. Dengan begitu ketika berpuasa masalah kesehatan seperti gangguan radang usus besar, nyeri pada sendi, serta gangguan kulit seperti eksim dapat teratasi ketiak Kamu berpuasa dengan menjaga pola makan.

  1. Menjaga kesehatan jantung.

Masalah pada jantung merupakan penyebab kematian terbanyak di dunia. Nah, ternyata pada beberapa penelitian menemukan jika berpuasa ini dapat menurunkan kolesterol jahat. Kadar kolesterol jahat tinggi dapat menimbulkan plak pada pembuluh darah jantung sehingga dapat menyebabkan masalah jantung koroner.

  1. Ampuh untuk mengurangi berat badan.

Manfaat selanjutnya yang bisa Kamu dapatkan ketika berpuasa dengan baik adalah berat badan menurun dengan cepat. Sebuah penelitian menemukan jika berpuasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga ampuh untuk menurunkan berat badan dari hari ke hari.

  1. Mencegah terjadinya kanker.

Sebuah penelitian pada tikus menemukan jika berpuasa dapat mencegah kanker akibat pembentukan tumor yang terhalangi. Namun, sayangnya penelitian ini baru dilakukan pada hewan saja jadi dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektifitasnya dalam mencegah terjadinya kanker.

Lakukan Hal ini agar Puasa Kamu Menyehatkan

Saat Kamu sedang puasa tubuh akan membutuhkan waktu lebih dari delapan jam untuk menyerap semua nutrisi saat Kamu makan terakhir kali. Jadi tubuh dapat berpuasa dengan benar dan sehat ketika Kamu melakukan sahur terlebih dahulu dengan menu yang bergizi.

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika berpuasa adalah menjaga porsi makan yang norma jangan berlebihan. Ketika berbuka puasa dengan berlebihan dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti diare dan gastroenteritis. Selain itu berikut beberapa hal yang harus Kamu perhatikan ketika berpuasa.

  1. Kurangi makanan manis ketika berbuka.
  2. Banyak meminum air putih minimal 8 gelas.
  3. Biasakan berbuka dengan sayuran.
  4. Rutin minum vitamin.
  5. Jangan bergadang tidur yang cukup, minimal 7 jam.

Selain itu puasa juga dapat menjadi hal berbahaya ketika Kamu tidak sahur terlebih dahulu. Bahaya tersebut dapat terjadi pada beberapa penderita gangguan kesehatan seperti hipertensi, diabetes, anemia, mengalami masalah pada ginjal, gangguan terhadap imun tubuh, wanita yang sedang hamil atau menyusui, serta sedang menjalani pengobatan seperti kemoterapi.

Puasa memang hal yang dapat memberikan Kamu beragam manfaat bagi kesehatan Kamu. Untuk dijadikan salah satu media untuk diet Kamu dapat melakukan puasa tidak hanya di bulan Ramadhan saja, lakukan pusa Senin Kamis agar diet Kamu lebih maksimal. Selain mendapatkan tubuh ideal bisa juga mendapatkan keuntungan berupa pahala.

Ketika bulan Ramadhan datang semua umat islam berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala dengan cara berpusa serta melakukan hal-hal baik seperti berbagi makanan, berzikir, dan lain-lain. Nah, selain itu agar Kamu bisa mendapatkan manfaat puasa bagi kesehatan perhatikan hal-hal di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *