Manfaat Jahe untuk Kesehatan Badan, Coba Sekarang

Manfaat Jahe untuk Kesehatan Badan, Coba Sekarang

Indonesia memiliki beragam jenis tanaman herbal yang bermanfaat salah satunya jahe, tanaman ini memiliki banyak manfaat jahe untuk kesehatan tubuh kamu. Penasaran apa saja manfaat dari jahe ini bagi kesehatan? Simak terus artikel ini hingga selesai.

Jahe merupakan tanaman herbal yang populer di Indonesia untuk mengobati beragam gangguan kesehatan. Menjaga kesehatan di era sekarang merupakan hal yang penting sebab biaya untuk pengobatan di rumah sakit terbilang mahal. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan rutin mengonsumsinya.

Banyak olahan dari jahe ini, umumnya dijadikan sebagai minuman. Kamu dapat mengonsumsi minuman dari tanaman ini seperti wedang atau STMJ (Susu Telur Madu Jahe). Nah, agar Kamu lebih mengenal tanaman herbal ini berikut manfaat jahe untuk kesehatan badan.

Jahe Cocok untuk Mengatasi Rematik

Rematik umumnya terjadi pada orang yang sudah berumur, tapi tidak menutup kemungkinan seseorang berusia muda juga mengalami rematik. Gangguan kesehatan rematik ditandai dengan rasa sakit pada sendi di tubuh. Penyakit ini termasuk ke dalam jenis penyakit autoimun yang menyerang pada sel di tubuh.

Rematik atau Rheumatoid arthritis ini terjadi akibat sistem imun yang mengalami malfungsi sehingga menyerang bagi tubuh lain seperti sendi. Umumnya rematik ini lebih banyak dialami oleh wanita. Nah, cara mengatasi penyakit ini Kamu dapat mencoba manfaat jahe untuk kesehatan badan.

Kandungan zat berupa gingerol serta shogaol ini dapat dijadikan obat penyakit rematik, berkat sitanya yang anti inflamasi. Cara penggunaannya sangatlah mudah, langkah pertama bakar jahe terlebih dahulu. Selanjutnya tumbuk jahenya lalu tempelkan pada sendi yang mengalami penyakit rematik, lakukan cara ini minimal 30 menit dalam sehari.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan Badan Imun Tubuh

Imun tubuh merupakan hal yang penting untuk mempertahankan tubuh dalam berbagai macam penyakit. Imun tubuh lemah dapat membuat Kamu lebih mudah untuk terserang bakteri, atau bahkan virus yang dapat membuat tubuh Kamu menjadi tidak sehat.

BACA JUGA  Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Cepat Secara Alami

Sistem imun tubuh melemah ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti gangguan psikologis berupa stres berlebih, malas bergerak, kurang tidur, dan kurangnya asupan nutrisi yang baik bagi tubuh. Untuk mengembalikan imun tubuh dalam kondisi primanya, Kamu dapat mengonsumsi jahe.

Kandungan vitamin C serta magnesiumnya dapat membuat imun tubuh meningkat. Selain itu kandungan lain seperti gingerols sangat berguna untuk antioksidan. Cara mengonsumsinya, rebus jahe dengan air selama 15 menit, lalu minum air rebusan tersebut. Minum air rebusannya minimal satu kali dalam sehari.

Menurunkan Kolesterol Jahat dengan Optimal

Kolesterol merupakan hal berguna bagi tubuh asalkan dalam batas yang wajar. Namun, sebaliknya ketika kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak pada pembuluh darah. Hal ini jika dibiarkan secara terus menerus dapat menyebabkan masalah pada jantung.

Penyebab dari kolesterol tinggi ini dapat disebabkan oleh gaya hidup yang buruk seperti merokok dan minum alkohol. Selain itu kebiasaan mengonsumsi makanan dengan lemak jenuh yang tinggi dapat membuat kadar kolesterol tinggi. Untuk menurunkan kada kolesterol ini Kamu dapat menggunakan jahe.

Dalam beberapa penelitian manfaat jahe untuk kesehatan badan yaitu mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi serta mampu untuk menormalkan trigliserida. Cara penggunaannya simpel cukup di buat wedang saja tanpa gula minum setiap pagi setelah sarapan agar manfaat yang didapatkan lebih maksimal.

Ampuh untuk Mengatasi Batuk Kering

Ketika batuk melanda tentunya akan membuat kegiatan Kamu sehari-hari akan terganggu. Tentunya hal ini harus di atasi agar tidak semakin parah. Batuk dapat disebabkan oleh beberapa hal mulai dari kebiasaan merokok, asma, serta infeksi pada virus.

Batuk sebenarnya mekanisme tubuh untuk mengeluarkan mikroba, serta hal-hal lain yang mengganggu sistem pernapasan. Namun, tentunya hal ini jika dialami terus menerus tentunya dapat mengganggu aktivitas kamu. Untuk mengatasi hal ini Kamu dapat mencobanya dengan mengonsumsi jahe.

BACA JUGA  Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Cepat dan Efektif

Jahe memiliki senyawa antiradang. Nah, senyawa antiradang inilah yang dapat meringankan masalah batuk kering yang sedang dialami. Cara penggunaannya tinggal rebus lalu minum air rebusan tersebut. Minum air rebusan tersebu setiap harinya hingga batuk kering hilang.

Jahe merupakan rempah herbal yang banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia. Dibalik rasanya yang membuat tubuh lebih hangat ternyata rempah herbal ini memiliki banyak manfaat jahe untuk kesehatan badan dengan mengatasi beragam gangguan kesehatan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *