Ketahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Bruntusan Akibat Skincare

Memiliki wajah yang bersih dan halus menjadi impian banyak orang, sehingga banyak yang melakukan perawatan dengan skincare yang belum cocok dengan wajahnya yang membuatnya bruntusan. Maka, Anda perlu untuk mengetahui cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare yang tepat agar tidak memperburuk kondisi kulit wajah Anda.

Bruntusan di wajah memang bukan suatu penyakit yang memiliki risiko tinggi. Namun, bruntusan di wajah cukup mengganggu penampilan, apalagi jika bruntusan yang muncul tampak benjolan kecil-kecil dan agak terasa gatal.

Penyebab Wajah Bruntusan Akibat Skincare

Wajah mengalami bruntusan akibat skincare? Skincare sendiri memiliki manfaat untuk membantu menjaga kulit dan masalah kulit wajah yang sedang Anda alami. Untuk itu, Anda harus tahu ada berbagai penyebab yang dapat membuat kulit wajah Anda mengalami bruntusan setelah menggunakan skincare. Inilah berbagai penyebab bruntusan dan cara mengatasinya adalah :

  • Purging

Purging merupakan proses untuk pembersihan sel kulit mati atau regenerasi kulit, di mana sel kulit mati akan digantikan oleh sel kulit dalam beberapa hari, sehingga kulit Anda bisa menjadi lebih baik  dibandingkan sebelumnya.

Namun, jika wajah Anda berminyak parah akan membuat sel kulit baru mengalami kesulitan untuk dapat naik ke permukaan karena wajah yang berminyak dapat terjadinya penyumbatan pada pori-pori yang mengakibatkan timbulnya bruntusan. Selain itu, akibat adanya bruntusan akibat skincare adalah kandungan dari skincare, seperti asam salisilat atau vitamin.

  • Alergi kulit

Alergi kulit bisa membuat bruntusan pada wajah Anda, sehingga dapat membuat tidak nyaman. Selain itu, penggunaan skincare yang ada zat pengawet atau zat pewangi dapat memperparah alergi kulit wajah Anda dan mengakibatkan bruntusan yang di wajah Anda terasa gatal, meraj-merah, bahkan bisa terjadi pembengkakan.

  • Iritasi kulit

Sama halnya seperti alergi pada kulit, iritasi kulit wajah akan terasa perih, gatal, panas, ketika terkena sinar matahari terlalu lama kulit akan mengalami peradangan atau kemerahan, dan efek samping yang lainnya.

  • Jerawat hormon
TRENDING  Apa Arti Bucin yang Bikin Orang Lupa Dunia?

Jika Anda rutin memakai skincare yang tidak cocok dengan kulit wajah Anda akan menimbulkan jerawat dan bruntusan kecil-kecil, ini akibat tidak adanya keseimbangan hormon.

Cara Menghilangkan Bruntusan

Dari beberapa penyebab kulit wajah Anda sering bruntusan seperti yang sudah dijelaskan diatas, sehingga Anda harus bisa melakukan perawatan dengan baik. Maka, Anda wajib tahu cara menghilangkan bruntusan di wajah sensitif akibat skincare adalah sebagai berikut :

  1. Berhenti menggunakan skincare

Wajah bruntusan akibat dari skincare yang sedang Anda pakai, sebaiknya segera menghentikan pemakaiannya.

  1. Menggunakan takbir surya (sunscreen)

Apabila Anda akan beraktivitas di luar ruangan sebaiknya untuk mengoleskan tabir surya lebih dulu agar bisa melindungi kulit wajah Anda dari paparan sinar matahari.

  1. Menghindari menggunakan skincare yang mengakibatkan kulit kering

Jika Anda menggunakan skincare yang dapat membuat kulit wajah Anda kering sebaiknya di hindari karena kandungan produk, seperti asam salisilat adalah bahan aktif yang dapat memperparah kulit wajah yang mengalami bruntusan.

  1. Hindari menyentuh dan memecah bruntusan

Dengan tidak menyentuh dan memecahkan bruntusan secara langsung bukanlah cara yang tepat agar bruntusan segera sembuh.

  1. Konsultasikan ke dokter

Sebelum Anda menggunakan skincare untuk perawatan kulit wajah Anda, sebaiknya untuk berkonsultasi kepada dokter agar bisa mendapatkan rekomendasi skincare yang cocok dengan kulit wajah Anda agar tidak mengalami peradangan pada bruntusan di wajah.

Menggunakan Skincare Sesuai Kulit Untuk Wajah Bruntusan Akibat Skincare

Skincare untuk menghilangkan milia dan bruntusan wajib untuk Anda ketahui agar tidak menggangu penampilan Anda. Maka, Anda harus bisa memilih skincare yang cocok untuk kulit Anda dan perhatikan urutan skincare yang tepat adalah cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare seperti berikut :

  1. Uap wajah

Dengan Anda menggunakan uap pada air panas secara otomatis akan membuat pori-pori wajah Anda bisa terasa lebih rileks, sehingga dapat mencegah terjadinya iritasi. Membersihkan wajah secara perlahan di bagian kulit wajah yang terkena milia dan bruntusan agar tidak menimbulkan jerawat di wajah Anda.

  1. Sabun cuci muka

Salah satu skincare untuk milia dan bruntusan, Anda bisa menggunakan sabun cuci yang ringan dan memiliki bahan dasar air.

  1. Pelembab
TRENDING  Review White Story Peptide Eye Cream, Si Kecil yang Melembapkan

Menggunakan pelembab untuk kulit yang mudah mengalami iritasi dan hindari makan minyak berlebihan.

  1. Tabir surya

Menggunakan tabir surya memberikan perlindungan pada Anda dari paparan sinar  matahari agar tidak iritasi.

  1. Obat jerawat

Dengan menggunakan obat jerawat dengan baik, dapat membantu meringankan biaya kedua orang tuanya.

Jenis Kulit

Anda bisa mengetahui skincare tersebut cocok atau tidak, Anda harus bisa mengetahuinya jenis kulit wajah Anda yang tepat agar wajah tidak bruntusan yang dapat terasa gatal, sehingga permasalahan kulit wajah dapat terselesaikan dengan baik. Adapun skincare yang cocok untuk adalah sebagai berikut :

  1. Kulit tidak berminyak

Minyak yang tidak berlebihan pada kulit wajah Anda bisa menggunakan skincare dengan baik.

  1. Kulit tidak iritasi atau alergi

Jika Anda tidak mengalami beberapa hal, seperti iritasi pada kulit, Anda cocok menggunakan skincare.

  1. Warna merata

Jika Anda menggunakan skincare dengan baik, di sini bisa membuat Anda cocok.

Bahan Alami Yang Bisa Digunakan Untuk Wajah bruntusan akibat skincare

Wajah yang bruntusan sering kali membuat orang merasa terganggu, sehingga bisa membuat menampilkan rasa tidak percaya diri. Adapun bahan alami yang bisa menghilangkan bruntusan adalah sebagai berikut :

  1. Es batu

Es batu yang dingin dapat memberikan rasa nyaman ketika ditempelkan pada bagian wajah yang sedang mengalami bruntusan, bahkan penggunaan es batu bisa membuat bruntusan mulai kempes.

  1. Madu

Madu memang terkenal memiliki banyak manfaat terutama untuk menjaga kulit tetap sehat, tidak mengalami kulit kering atau kusam, bahkan madu bisa membantu menjaga agar kulit wajah tidak kering.

  1. Tomat

Adanya kandungan pada tomat air cukup banyak, mampu membuat obat untuk mengatasi bruntus yang ada wajah Anda, dengan cukup menempel kan potonga tomat pada bagian wajah Anda yang terkena bruntus.

  1. Lemon dan putih telur

Menggunakan lemon dan putih telur yang dicampur dapat membantu Anda untuk menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemui.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya dapat membantu Anda mengatasi bruntus dengan cepat karena adanya vitamin E dan lendir pada lidah buaya terasa dingin, sehingga wajah yang terkena bruntus akan merasakan perih dan agak gatal.

  1. Teh hijau
TRENDING  Tote Bag Hitam Belasan Juta Mahalini yang Bikin Warganet Insecure

Jika anda menggunakan teh hijau untuk proses menurunkan berat badan waktu satu minggu akan cukup untuk Theo.

Itulah beberapa cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare. Selain itu, ada berbagai bahan alami yang digunakan, lalu cara menghilangkan bruntusan dengan cepat, cukup menggunakan bahan-bahan yang alami atau memilih skincare yang cocok dengan kulit Anda.