Kapal Nuklir AS Tiba-tiba Muncul di Laut Arab, Ada Apa?

www.naturaful.net – Amerika Serikat (AS) mengungkap sebuah manuver yang jarang terjadi dilakukan. AS mengungkap keberadaan kapal selam rudal balistik nuklir milik mereka, USS West Virginia yang sedang berpatroli di Laut Arab.

Pengungkapan keberadaan kapal selam rudal AS dibingkai dalam kegiatan kunjungan perwira tinggi komando Jenderal Angkatan Darat AS Michael Kurilla yang melihat langsung kemampuan senjata militernya beroperasi di wilayah tersebut.

Pengungkapan ini dianggap menjadi pesan penting yang disampaikan Washington untuk sejumlah musuhnya di kawasan tersebut, seperti Iran atau Rusia, hingga sekutu dan mitra AS yang berada di wilayah itu.

“Kapal selam ini adalah permata mahkota dari triad nuklir, dan West Virginia menunjukkan fleksibilitas, kemampuan bertahan, kesiapan, dan kemampuan pasukan USCENTCOM dan USSTRATCOM di laut,” kata Kurilla, seperti dikutip, Minggu (23/10/2022).

Dalam siaran pers CENTCOM, tidak disebutkan secara rinci bagaimana Jenderal Angkatan Darat AS itu tiba di kapal selam AS, atau bahkan secara detail kapan kunjungan tersebut dilakukan. Michael Kurilla sendiri didampingi oleh Wakil Laksamana Angkatan Laut AS Brad Cooper.

Sebagai informasi, Angkatan Laut AS saat ini memiliki 14 kapal selam rudal balistik kelas Ohio yang dirancang untuk membawa hingga 24 rudal balistik yang bisa diluncurkan kapan saja dari kapal selam berhulu ledak nuklir Trident.

Meski demikian, kemampuan maksimum kapal pembawa rudal ini telah dikurangi menjadi 20 sebagai salah satu bagian dari perjanjian pengendalian senjata dengan Rusia beberapa waktu lalu.

Kapal selam ini juga dapat menggunakan berbagai sistem tanpa awak, berfungsi sebagai kapal induk pasukan operasi khusus, serta dapat bertindak sebagai intelijen di bawah air.

Pengungkapan kapal selam bersenjata rudal balistik nuklir ini sangat tidak biasa, terlebih Angkatan Laut biasanya tidak banyak bicara mengenai kegiatan kapal selam mereka, baik itu secara umum, atau khususnya saat mendatangi lokasi tertentu.

Hal ini sebelumnya pernah terjadi saat Angkatan Laut AS mengungkap kunjungan kapal selam USS Georgia kelas Ohio ke Pelabuhan Siprus, sebelum perang antara Rusia dan Ukraina berlangsung. Kapal ini juga telah melakukan serangkaian perjalanan yang jarang dipublikasikan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://www.naturaful.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.naturaful.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”