iPhone 14 Meluncur, Harga iPhone 13 Pro “Refurbished” Malah Naik

www.naturaful.net – Setelah diperkenalkan pada 7 September lalu, iPhone 14 sudah bisa dibeli oleh para pencinta Apple secara langsung di sejumlah negara sejak 7 Oktober 2022.

Ada temuan menarik di tengah penjualan iPhone 14 , iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Firma riset pasar CounterPoint Research menemukan fakta bahwa harga jual rata-rata (average selling price/ASP) dari iPhone 13 Pro versi refurbished justru mengalami kenaikan setelah iPhone 14 resmi dijual.

Biasanya, harga iPhone generasi sebelumnya akan menjadi lebih rendah setelah iPhone generasi terbaru dirilis. Ini justru kebalikannya.

Dalam kasus ini, iPhone 13 Pro refurbished adalah iPhone 13 Pro bekas yang telah melalui proses peremajaan dan inspeksi langsung oleh Apple.

Menurut Counterpoint, iPhone 13 Pro refurbished mengalami kenaikan harga jual rata-rata mencapai 11 persen. Sayangnya, tidak disebut secara spesifik berapa ASP iPhone 13 Pro ini di pasar Amerika Serikat.

Sebagai perbandingan, harga jual rata-rata iPhone refurbished untuk model yang lebih lawas disebut menurun.

Data Counterpoint menunjukkan ASP untuk iPhone 12 series menurun 10 persen, iPhone 11 series menurun 15 persen, iPhone X series menurun 23 persen, dan iPhone 8 series menurun 38 persen.

Harga jual rata-rata iPhone refurbished di pasar AS tersebut menurun seiring dengan diluncurkannya model iPhone yang lebih anyar.

Lantas, mengapa harga jual rata-rata iPhone 13 Pro refurbished di AS bisa meningkat, padahal iPhone 14 sudah dirilis?

Menurut analisis dari media teknologi GizChina, hal itu tampaknya dikarenakan faktor iPhone 14 dan iPhone 14 Plus yang datang dengan peningkatan minim. Hal ini berbeda dari peningkatan iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang lebih menonjol.

iPhone 14 Pro dan iPhone Pro Max kini membawa desain layar baru dengan Dynamic Island, menggantikan desain takik (notch) lawas. Kedua iPhone versi pro ini juga diotaki oleh chipset terbaru dan terkuat bikinan Apple, yaitu A16 Bionic.

Sementara iPhone 14 dan iPhone 14 Plus masih menggunakan desain layar lawas dengan notch serta masih ditenagai chipset A15 Bionic. Chipset tersebut adalah chipset yang sama yang digunakan pada lini iPhone 13.

Artinya dari sisi performa, iPhone 14 dan iPhone 14 Plus tidak jauh berbeda dengan iPhone 13 series. Dari sisi tampang pun iPhone 14 dan iPhone 14 Plus masih sama seperti iPhone 13.

Apple sebenarnya menghadirkan inovasi besar berupa fitur komunikasi satelit dan fitur deteksi kecelakaan pada iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. Namun, fungsi dari kedua fitur ini tampaknya belum secara signifikan menarik minat pembeli.

Menurut laporan GizChina, beberapa pengguna dengan anggaran yang tidak mencukupi secara alami akan memilih iPhone 13 Pro versi refurbished yang lebih murah dibanding membeli iPhone 14 atau iPhone 14 Plus baru yang tidak dibekali peningkatan yang menonjol.

Inilah yang tampaknya membuat permintaan terhadap iPhone 13 Pro meningkat sehingga harganya pun ikut naik, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizChina, Kamis (13/10/2022).

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://www.naturaful.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.naturaful.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”