Cara Mudah Mengeringkan Hp Yang Terkena Air Karena Banjir

Cara Mudah Mengeringkan Hp Yang Terkena Air Karena Banjir.

Cara Mudah Mengeringkan Hp Yang Terkena Air Karena Banjir.

Akhir-akhir ini musibah banjir terjadi di beberapa wilayah dan membuat keprihatianan kita semua. Banyak benda penting yang ikut tergenang air tak terkecuali handphone. Saat ini Hp merupakan alat yang sudah sangat penting sebagai komunikasi.

Saat ini semakin banyak Hp yang memiliki fungsi waterproofing, sehingga tidak ada masalah dengan waterproofing dalam kehidupan sehari-hari. Nyatanya masih banyak Handphone yang memiliki sedikit ketahanan terhadap air, dan kebanyakan tidak memiliki fungsi anti air. Maka timbullah pertanyaan. Apa yang harus Anda lakukan jika ponsel Anda tidak sengaja jatuh ke air saat banjir ?
Saya ingin berbagi tips cara mudah meringankan Hp yang terkena air karena banjir.

1. Langsung Matikan Handphone

Ya, sangat penting untuk mematikan ponsel tepat waktu. Jika Anda tetap menghidupkan ponsel Anda dengan segera saat terendam air, bisa jadi solusinya nanti dengan membeli handphone baru. Karena ponsel akan membentuk sirkuit dan menyebabkan korsleting setelah masuk ke air bahkan akan membuat motherboard terbakar parah.

Cara yang benar adalah dengan menarik ponsel keluar dari air, segera bersihkan watermark yang ada di permukaan ponsel, dan ingat untuk tidak mencoba membuka ponsel. Banyak pengguna tanpa sadar akan menekan tombol boot untuk melihat apakah ponsel masih bisa boot setelah menariknya. Ini sangat cara yang salah. Sekalipun ponsel itu sendiri tidak rusak, setelah di-boot dapat menyebabkan motherboard rusak. Jadi jangan dilakukan ya !

Harus diingat bahwa body handphone tidak boleh goyah untuk mengalirkan air setelah masuk ke dalam air. Setelah bergetar dengan cara ini, air akan bergerak di bawah aksi gaya, yang akan menghasilkan lebih banyak bagian yang terendam air di dalam ponsel.

 

2. Keringkan

Langkah kedua, tentu saja, menghilangkan air.

Pertama, handuk bersih bisa digunakan untuk menyeka dengan cepat. Anda harus memastikan bahwa air tidak mengalir ke port pengisian daya, headphone, dan outlet lain. Banyak orang menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan interior saat ponsel memiliki air di dalamnya. Cara ini bukan tidak mungkin. Namun, perhatian harus diberikan pada modus operandi; Suhu udara blower masih relatif tinggi, terutama setara dengan suhu ponsel saat suhu paling berbahaya. Semakin dekat banteng, semakin tinggi suhunya. Bukan tidak mungkin bisa dibakar oleh blower.

Oleh karena itu, ketika menggembungkan ponsel, perhatikan jarak antara saluran keluar udara blower dan ponsel, agar suhu udara ponsel mendekati suhu normal. Ingatlah bahwa saluran keluar udara dari pengering rambut tidak harus dihembuskan langsung ke ponsel. Sama sekali tidak menguntungkan ponsel jika suhunya terlalu tinggi.

Menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan ponsel

Setelah sekitar beberapa menit, dia berhenti sebentar. Waktu untuk meledakkan pengering rambut ponsel Anda tidak boleh lama, pada dasarnya dua puluh menit sudah cukup. Setelah telepon digembungkan, Anda tetap tidak dapat mencoba menghidupkannya, karena saat ini Anda tidak tahu apakah ada air di dalam telepon. Untuk amannya, Anda tetap perlu melakukan langkah selanjutnya yaitu mengeringkan ponsel.

3.  Pengeringan

Penghilangan kelembapan saja tidak cukup, jadi diperlukan perawatan pengeringan. Cara lama untuk mengeringkan ponsel adalah dengan membuangnya ke dalam beras. Pasalnya, beras memiliki daya serap air yang relatif baik. Jika ponsel sudah dimasukkan ke dalam nasi, maka bisa membantu menyerap semua sisa air dan uap di dalam ponsel. Namun perlu diingat bahwa jika Anda melakukannya, Anda dapat menyebabkan soket ponsel terisi butiran beras ketan. Jadi ingatlah untuk membungkusnya dengan handuk kertas sebelum membuangnya ke dalam nasi.

4. Rendam Ponsel Ke Dalam Beras

Toh, beras hanyalah tindakan darurat. Dibandingkan dengan pengering profesional dan kotak pengering, masih ada beberapa celah dalam efek penyerapan air. Biasanya kami dapat melengkapi beberapa pengering atau kotak pengeringan darurat. Di beberapa barang yang biasa Anda beli, akan ada beberapa kantong kecil pengering yang bisa digunakan. Kumpulkan semua tas kecil ini dari pengering dan matikan ponsel yang sangat basah dengannya. Efeknya jauh lebih baik daripada menguburnya di dalam nasi.

Pada tahap ini, Anda dapat mencoba menghidupkan telepon. Jika jumlah air tidak berbahaya, ponsel harus dapat dihidupkan dengan normal. Jika Anda masih tidak dapat menyalakannya, Anda hanya dapat beralih ke layanan pelanggan setelah penjualan. Perlu diperhatikan bahwa akan ada tanda-tanda tahan air pada ponsel yang akan berubah warna dengan adanya air. Jika layanan pelanggan yakin bahwa warna tanda tahan air telah berubah, hal ini tidak dapat dijamin. Pemeliharaan membutuhkan sejumlah uang.

Jika ponsel Anda bisa menyala, jangan terlalu senang dulu. Anda perlu memeriksa komponen telepon untuk melihat apakah mereka berfungsi dengan baik.

Cek And Ricek Kondisi Ponsel

1. Pertama-tama periksa layar ponsel untuk melihat apakah ada jejak di layar. Terkadang, layar akan tampak tidak normal saat ponsel direndam air.

2. Periksa speaker ponsel dan apakah dapat digunakan dengan benar. Anda dapat mengujinya dengan menelepon.

3. Periksa apakah speaker ponsel dapat bersuara normal. Perendaman dapat menyebabkan speaker diam atau speaker diam.

4. Periksa apakah kamera ponsel dapat mengambil gambar, termasuk kamera depan dan kamera utama.

Jika keempat barang di atas sudah bisa digunakan dengan normal, maka selamat hp Anda pada dasarnya oke.

Pada titik ini,  mungkin bertanya – tanya : Selain ini, bukankah ada cara lain yang lebih baik? Yup! Ada lebih simpel dan lebih cepat yaitu Ganti Hp Baru Alias Beli Hp Baru 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *