cara mengolah lidah buaya

Cara Mengolah Lidah Buaya agar bisa Menjadi Minuman Enak

Cara Mengolah Lidah Buaya agar bisa Menjadi Minuman Enak

Siapa sangka apabila tanaman yang biasa digunakan untuk perawatan kini terdapat cara mengolah lidah buaya agar menjadi minuman. Biasa dikenal dengan sebutan aloevera, ternyata terdapat banyak manfaat diluar kesehatan bisa dipakai sebagai bahan membuat sebuah penyegaran. Mungkin belum banyak orang yang tahu cara pembuatannya.

Aloevera sendiri paling umum dijadikan sebagai bahan perawatan di bidang kecantikan, lalu sampai merambah ke kesehatan. Dengan banyaknya manfaat ini membuat kamu bisa memakai untuk keperluan lain yang lebih penting. Siapa yang tidak ingin menikmati minuman segar, apalagi dengan bahan cukup mudah yaitu aloevera.

Tingkat keamanan saat dikonsumsi sudah pasti terjamin sehingga tidak perlu khawatir lagi, namun kamu harus memperhatikan seluruh pembahasan kami. Aloevera menjadi salah satu jenis tanaman aman konsumsi bagi semua kalangan. Tanpa perlu kesulitan mencari, biasanya masing-masing rumah telah mempunyai tanaman jenis ini.

Untuk mengetahui cara mengolah lidah buaya, pastikan mulai sekarang juga memahami seluruh pembahasan berikut sampai habis. Kami akan membantu dari tahap awal hingga akhir apabila kamu ingin membuktikan sendiri bagaimana cara pembuatannya. Untuk praktik sendiri dijamin sangat mudah yaitu tinggal pahami saja inti pembahasan ini.

Bisa Dijadikan Sebagai Minuman Jus

Sebagai salah satu pecinta wisata kuliner, kamu bisa memanfaatkan kehadiran tumbuhan aloevera untuk dijadikan sebagai minuman jus. Jus kerap dikonsumsi untuk memenuhi kecukupan gizi lho, terlebih menggunakan lidah buaya. Mengingat di dalamnya terdapat beberapa vitamin penting antara lain jenis A, C, dan E.

Bagaimana cara membuatnya? Pertama siapkan terlebih dahulu bahan lengkap paling penting yaitu batang aloevera sendiri. Kamu dapat mencari di sekitar rumah apabila ingin mendapatkan dalam jumlah banyak, namun kali ini siapkan setidaknya cukup 500 gram saja. Siapkan kolang-kaling kurang lebih setengah dari jumlah aloevera.

Jangan lupa, biji selasih yang telah direndam ke dalam air juga dibutuhkan untuk menambah cita rasa terbaik nantinya. Siapkan juga es secukupnya guna membuat jus semakin segar ketika dinikmati pada waktu siang hari. Belum selesai, bahan rendaman juga diperlukan mulai dari air, garam, sampai gula.

Cara mengolah lidah buaya untuk dijadikan sebuah jus pertama kamu rendam terlebih dahulu seluruh bagian tanaman setelah dibersihkan. Tunggu setengah jam lalu rebus daging lidah buaya hingga semakin empuk, cuma butuh waktu 10 menit saja. Kemudian tiriskan dan masukkan kembali ke bahan sirup.

Campurkan aloevera bersama kolang-kaling pada panci, lalu dimasak dalam waktu sebentar dan tinggal didiamkan. Untuk menunggu dingin, masukkan saja ke lemari es, setelah itu jus bisa disantap langsung. Gunakan tambahan biji selasih hingga es batu agar membuat kenikmatan tiada tara dapat dirasakan secara mandiri.

Bisa Dipakai untuk Minuman Segar

Jenis kedua dalam cara mengolah lidah buaya, mulai sejak dini kamu sebenarnya bisa mendapatkan manfaat untuk dijadikan sebagai minuman segar. Jangan lupa siapkan bahan mulai dari garam, pepaya, dan biji selasih. Masing-masing sesuaikan takaran secukupnya, agar tidak menciptakan rasa berlebihan ketika proses pembuatan sudah selesai.

Tambahkan gula pasir, air, es batu, sirup, dan juga aloevera sendiri secukupnya demi membuat proses jalannya pembuatan berjalan lancar. Setelah semua bahan berhasil didapatkan, mari masuk ke dalam langkah-langkah pembuatan sekarang juga. Panaskan terlebih dahulu air menggunakan panci dengan ditaburi garam seperempat sendok teh.

Gula pasir dibutuhkan hanya sebanyak dua sendok makan, lalu campurkan hingga merata ke air panas. Setelah itu masukkan saja seluruh daging lidah buaya bersih sekitar tiga batang, lalu ditunggu hingga melunak. Kurang lebih selama 5 menit akan selesai, siapkan gelas sebagai tempat penyajian untuk diminum.

Masukkan es batu ke sebuah gelas, lalu bahan seperti pepaya bisa dipotong sesuai kebutuhan untuk menambah rasa saat dinikmati. Tuangkan seluruh aloevera, ditambah biji selasih menyesuaikan selera yang ada pada diri sendiri. Tambahkan sirup jika ingin mendapatkan lebih kesegaran, terakhir penuhi dengan air mineral.

Akhirnya minuman dari tanaman aloevera dapat dinikmati dengan proses pembuatan yang sangat mudah. Kini kamu bisa menikmati kedua jenis minuman enak hanya membutuhkan bahan-bahan sederhana dan proses pembuatannya cenderung cepat dari awal sampai selesai. Terapkan cara mengolah lidah buaya dan nikmati hasilnya untuk pelepas dahaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *