Cara mengecek iuran BPJS kesehatan yang sudah dibayar

Cara Mengecek Iuran BPJS Kesehatan yang Sudah Dibayar

Cara Mengecek Iuran BPJS Kesehatan yang Sudah Dibayar

Banyak orang yang masih kebingungan bagaimana cara mengecek iuran BPJS kesehatan yang sudah dibayar. Padahal untuk mengecek status pembayaran ini sangatlah mudah hanya dengan smartphone saja serta kuota. Untuk mengetahui caranya dan mengenal lebih jauh terkait BPJS simak artikel ini hingga selesai.
BPJS merupakan singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, saat ini ada dua jenis layanan yaitu untuk kesehatan serta pekerjaan. Dengan mengikuti program ini Kamu akan terjamin segala sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan, hampir sama seperti asuransi.

BPJS hadir pada tahun 2014 yang diluncurkan oleh pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Untuk menjamin program ini berjalan dengan lancar pemerintah memberikan kemudahan dalam mengakses layanannya mulai dari pembayaran hingga cara mengecek iuran BPJS kesehatan yang sudah dibayar.

Kemudahan Layanan Pembayar BPJS Kesehatan

Ketika Kamu bergabung atau menjadi anggota dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ini, tentunya wajib untuk melakukan pembayaran iuran setiap satu bulan sekali. Jumlah pembayarannya tergantung dengan jenis kelas yang Kamu pilih. Berikut di bawah ini range harga iuran setiap kelasnya:

  1. 1.Kelas satu: RP. 150.000.
    2.Kelas dua: RP. 100.000.
    3.Kelas tiga: Rp. 42.000.

Harga range iurannya terbilang murah dibandingkan asuransi kesehatan lain. Selain itu BPJS kesehatan juga memberikan Kamu proteksi kesehatan seumur hidup selama masih menjadi anggotanya. Proteksi kesehatan di era sekarang sangat diperlukan agar hidup lebih tenang.
Untuk pembayaran setiap kelasnya ada beragam jenis layanan yang bisa Kamu coba. Layanan pembayaran pertama tentunya melalui bank transfer. Dengan menggunakan cara ini Kamu dapat lebih mudah untuk melakukan pembayaran dimana saja dan kapan saja.

Layanan pembayaran iuran selanjutnya adalah melalui Indomaret serta Alfamart. Cara pembayarannya terbilang mudah bawa kartu BPJS, setelah itu tinggal beri tahu kasurnya bahwa Kamu ingin mengisi iuran. Ketika menggunakan layanan pembayaran ini Kamu akan dikenakan biaya admin Rp.2.500.

Selanjutnya adalah melalui layanan E-Commerc. Saat ini hampir semua E-Commerc di Indonesia menyediakan beragam jenis pembayaran mulai dari pulsa, kuota hingga untuk pembayaran iuran BPJS. Cara pembayarannya sangatlah mudah tinggal masukan nomor BPJS Kamu ketika akan melakukan pembayaran.

Selain menggunakan cara tersebut ada beberapa cara lain yang bisa Kamu coba seperti melalui aplikasi JKN, Kantor pos dan bisa juga untuk pergi langsung ke kantor BPJS. Nah, agar tidak bingung apakah pembayaran sudah masuk atau belum ketahui cara mengecek iuran BPJS kesehatan yang sudah dibayar di bawah ini.

Cara Mengecek Iuran BPJS Kesehatan yang Sudah Dibayar

Selain kemudahan dalam fasilitas pembayaran, untuk pengecekan pembayarannya juga ada beberapa cara yang bisa dicoba. Dengan adanya banyak layanan pengecekan pembayaran ini dapat mengantisipasi jika salah satu metode pengecekannya mengelami gangguan, berikut caranya:

1.Mengecek memalui situs resmi.

Cara ini sangat mudah untuk dilakukan, caranya tinggal akses situs resmi BPJS kesehatan. Kamu hanya tinggal akses alamat url https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/ Setelah itu tinggal isi kolom yang disediakan dengan lengkap disesuaikan dengan kartu Kamu, periksa lagi sebelum mengirim data.

2.Mengecek pembayaran iuran melalui SMS.

Cara ini terbilang paling simpel untuk melakukan pengecekan pembayaran iuran. Namun tentunya dibutuhkan pulsa untuk melakukan pengecekannya. Caranya tinggal ketik tagihan spasi Nomor kartu iuran Kamu, setelah itu kirim ke nomor 087775500400. Maka akan muncul setiap transaksi pembayaran iuran.

3.Melalui aplikasi JKN.

Cara ketiga untuk melakukan pengecekan iuran, yaitu melalui aplikasi mobil JKN. Caranya terlebih dahulu Kamu haru download aplikasi ini memalui play store atau app store. Selanjutnya buka aplikasi JKN lalu lakukan registrasi akun. Setelah melalui proses pendaftaran, cari menu tagihan lalu klik. Pada menu itu Kamu bisa melihat transaksi pembayaran.

4.Melakukan pengecekan melalui call center.

Selain untuk mencari solusi terkait permasalahan yang dialami terkait BPJS, call centernya juga dapat digunakan untuk pengecekan iuran. Caranya tinggal hubungi call center 1500 400 lalu ceritakan apa yang kamu butuhkan, nanti akan diberi tahu lebih lanjut untuk melakukan pengecekannya.
BPJS merupakan program pemerintah yang memberikan manfaat baik bagi para penggunanya khususnya untuk layanan kesehatan. Selain dari banyak keunggulan dari layanan kesehatannya, program pemerintah ini juga memberikan kemudahan layanan pembayaran serta cara mengecek iuran BPJS kesehatan yang sudah dibayar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *