Cara Membuat Susu Kedelai Lengkap dan Bertahan Lama

Cara Membuat Susu Kedelai Lengkap dan Bertahan Lama

Cara Membuat Susu Kedelai Lengkap dan Bertahan Lama

Bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia pasti jarang yang mengetahui cara membuat susu kedelai walaupun sudah mengonsumsi sehari-hari. Jangan sampai melupakan manfaat dari mengonsumsi minuman jenis ini, karena terdapat banyak kandungan gizi. Bukan hanya itu saja, kamu selama meminum juga bisa tercukupi gizi untuk tubuh.

Di Indonesia sendiri banyak jenis minuman dari berbagai daerah, yang ditemukan oleh warga sekitar dan bisa dikonsumsi secara bebas. Jika kamu adalah penikmat minuman jenis tersebut jangan sampai lupakan keberadaan minuman kedelai. Dikarenakan ini tidak berasal dari perasan sapi langsung, tetapi menggunakan tanaman kedelai.

Biasanya susu ini bisa ditemukan secara mudah ketika kamu mendatangi orang-orang yang menjual di pinggir jalan. Tetapi belum tentu mempunyai cita rasa khas selama diminum, oleh karena itu lebih baik dibuat secara mandiri. Kerap dikonsumsi secara pribadi, tetapi juga bisa diminum langsung untuk sebuah bayi.

Jangan salah bila ternyata cara membuat susu kedelai dapat dipelajari sangat mudah dengan mengikuti seluruh penjelasan berikut ini. Langsung saja ikuti pembahasan sampai akhir supaya memahami lebih jelas dan dapat mencoba langsung dari rumah. Yuk tanpa perlu basa basi lagi, inilah rahasia pembuatan susu kedelai.

Siapkan Bahan Pembuatan yang Diperlukan

Pertama sebelum memulai membuat, pastikan untuk melihat resep kami yang bisa disiapkan secara mudah. Sudah menjadi rahasia umum jika banyak orang mengonsumsi minuman ini untuk memperoleh asupan gizi seimbang. Dijamin ketika rajin minum akan memperoleh manfaat luar biasa salah satunya adalah kesehatan yang selalu terjaga.

Bahan pertama sudah pasti memakai biji dari tanaman kedelai, yang mudah didapatkan dengan mengunjungi pasar atau supermarket terdekat. Pilihlah biji tersebut secara tepat yaitu memastikan bahwa baru diambil belum lama. Hal tersebut bertujuan demi mencegah waktu kadaluwarsa yang lebih cepat bila masih seenaknya memilih sendiri.

Sebenarnya untuk jumlah kedelai tinggal disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, namun bila baru mencoba sebaiknya satu kilogram saja. Bahkan jumlah tersebut lebih dari cukup apabila dipakai sebagai percobaan pertama, jangan khawatir karena bisa dijalankan lancar. Jangan lupa siapkan air matang sesuai kebutuhan kurang lebih sepuluh liter.

Sebelum memasuki cara membuat susu kedelai, bahan-bahan harus lengkap yang menjamin sebuah rasa dan kandungan nutrisi di dalamnya. Siapkan lagi gula pasir cukup sedikit kurang lebih empat sendok makan saja. Bagi kamu yang baru pertama merasakan minuman ini pasti akan merasa tidak manis.

Memang hal tersebut benar, namun jika ingin menambah tingkat kemanisan tinggal tuangkan gula sesuai selera tapi jangan kebanyakan. Hampir sama seperti proses pembuatan masakan lainnya, persiapkan pula daun pandan secukupnya. Selanjutnya kini masuk ke sebuah pembahasan inti yaitu proses pembuatan minuman murni secara langsung.

Proses Pembuatan Susu Kedelai Murni

Cara membuat susu kedelai pertama adalah cuci bersih seluruh bahan yang ada supaya terhindar dari bakteri. Pada langkah awal ini kamu harus bersabar dikarenakan kamu harus merendam seluruh biji dari kedelai. Lama merendam kurang lebih selama 7 sampai 8 jam sampai pada akhirnya higienis.

Cuci kembali hingga bersih dan akhirnya dibuang kulitnya untuk dijadikan bahan utama nanti dalam pembuatan. Masukkan ke sebuah blender semua bijinya, lalu tambahkan air matang sesuai resep di atas. Tetapi siapkan dulu sebuah saringan kain katun, guna menyaring seluruh sari biji sebelum proses perebusan dimulai.

Rebuslah semua bahannya dengan air sesuai ketentuan, gunakan api sedang saja guna mencapai tingkat kematangan yang pas. Campurkan bersama gula serta daun pandan sebanyak tiga buah, agar timbul aroma enak. Jangan didiamkan begitu saja, supaya matang merata sebaiknya diaduk terus sambil menunggu adonan mendidih.

Terakhir kalau telah matang,tinggal saring susu dengan menggunakan kain bersih kembali supaya mendapatkan kualitas terbaik. Susu tersebut siap untuk disantap sekarang juga dengan versi murni, apabila ingin menciptakan rasa bisa ditambahkan perisa makanan. Namun mengonsumsi minuman murni ini saja dijamin sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Bukan hanya bermanfaat untuk berkonsumsi, namun dapat dinikmati setiap saat supaya mendapatkan seluruh nutrisi. Mulai sekarang kamu bisa mencoba sendiri dengan memahami seluruh resep di atas disertai proses pembuatannya. Gunakan cara membuat susu kedelai tersebut dijamin mudah dipahami dan kaya akan manfaat selagi dikonsumsi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *