Cara Membuat Manisan Kolang Kaling Termudah Dijamin Enak

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling Termudah Dijamin Enak

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling Termudah Dijamin Enak

Mungkin masih banyak orang yang tidak mengerti cara membuat manisan kolang kaling, padahal bisa dicoba sendiri dengan mudah. Kebanyakan dari kamu pasti lebih pilih membeli langsung ke supermarket terdekat daripada membuatnya langsung. Namun jangan salah, kini dapat dibuat sendiri bila ingin membuatnya sendiri.

Wisata kulineran semakin berkembang di Indonesia, bahkan dari Sabang sampai Merauke hampir terdapat jenis kuliner berbeda-beda. Namun berbeda jika manisan dibeli dari pedagang pinggiran jalan, dapat dipastikan rasanya akan kurang lezat. Kebanyakan penikmat makanan jenis ini malas jika membuat sendiri dari dalam rumah.

Berbicara mengenai buah atap, tentu saja asalnya dari pohon aren yang dipetik langsung pada bagian buahnya. Jenis pohon ini termasuk ke dalam tumbuhan terpenting kedua setelah kelapa, dikarenakan bisa berguna untuk berbagai hal. Dari bagian daun hingga batang dan buah bisa dipakai untuk serba guna.

Nah, untuk mengurangi rasa penasaran kamu terhadap cara membuat manisan kolang kaling mulai sekarang perhatikan seluruh pembahasan berikut ini. Pastikan untuk mengikuti penjelasan di bawah hingga akhir agar mengetahui seluruh isi pembahasan lebih jelas. Berikut adalah tahap-tahap selengkapnya membuat kolang-kaling terenak tanpa kesulitan.

Siapkan Bahan yang Dibutuhkan Terlebih Dahulu

Sebelum memulai memasak perhatikan dulu langkah-langkah awal dalam menyiapkan bahan agar bisa memasak secara lancar. Sebenarnya kamu tidak memerlukan banyak bahan, yang paling penting adalah pemilihan buah atap harus secara tepat. Dikarenakan ada banyak jenisnya dan terdapat kualitas berbeda-beda tergantung dari pohon asal diambil.

Dalam memilih buah atap tentunya perhatikan dulu dari ukurannya, supaya tidak salah pilih sebaiknya cari satu ukuran yang sama. Kalau bisa membeli buah tersebut dengan ukuran sejenis supaya ketika dimasak ke depan akan matang bersamaan. Bila menggunakan bentuk kurang sama akan mempengaruhi tingkat kematangan.

Kembali terhadap jenis-jenis bahannya, jika baru pertama kali membuat jangan sampai menggunakan banyak bahan-bahan. Cukup dengan 1 kg kolang-kaling saja untuk membuat percobaan dalam porsi sedengan, kalau terlalu banyak risiko tidak matang akan lebih besar. Kemudian gunakan kurang lebih 1 liter air cucian beras.

Cara membuat manisan kolang kaling selanjutnya siapkan sekitar dua buah daun jeruk purut supaya mendapatkan cita rasa yang lebih khas. Karena dikenal dengan manisan, tentu saja tidak ketinggalan dengan bahan lain berupa gula pasir. Cukup gunakan 250 gram untuk memperoleh tingkat kemanisan yang pas.

Dibutuhkan juga berupa pewarna makanan merah untuk membuat warna bisa menggugah selera makan para pencicip makanan. Lalu satu buah daun pandan dibutuhkan supaya mendapatkan aroma harum apabila masakan sudah siap disajikan. Manisan sangat cocok disantap dengan dipadukan bersama minuman atau dikonsumsi ketika cuaca sedang panas.

Tahap Pembuatan Manisan Kolang Kaling Lengkap

Memasuki cara membuat manisan kolang kaling, langkah paling awal kamu harus mencuci bahan utama sampai bersih. Bersihkan cukup mudah yaitu cukup lakukan perendaman menggunakan air bekasan mencuci beras. Untuk memperoleh kebersihan pada buah, usahakan selalu menggosokkan ke tangan agar aroma asam bisa hilang secara mudah.

Setelah itu, tunggulah kurang lebih satu setengah jam untuk didiamkan sampai akhirnya dicuci kembali menggunakan air mengalir. Kemudian masukkan buah atam ke dalam panci berisi air, ditambah dengan beberapa bahan lain berupa daun jeruk dan pandan. Sampai sekitar 30 menit direbus, campurkan dengan pewarna makanan.

Seusai mendidih dan tekstur sudah empuk, tinggal gunakan gula sekitar 250 gram dan diaduk sampai merata bersama masakan. Masak sampai air berkurang atau habis, dan sebelum disajikan tiriskan terlebih dahulu. Jangan lupa untuk merasakan sedikit dengan mencicipi setelah matang agar bisa mengetahui rasanya.

Masukkan ke dalam wadah tertutup agar tidak menghilangan rasa selama belum disantap lebih baik simpan di dalam lemari es. Kurang lebih 2 bulan lamanya manisan ini dapat bertahan jika belum sempat dinikmati. Namun kami pastikan bahwa kamu akan ketagihan bahkan menghabiskan dalam waktu dekat saja.

Ternyata untuk membuat manisan sendiri kini dapat dilakukan sendiri dari dalam rumah masing-masing, kamu tidak perlu beli ke supermarket lagi. Proses dan bahan yang mudah diperoleh membuat pembuatan manisan dari buah atap sangat direkomendasikan dicoba mandiri. Cobalah pahami cara membuat manisan kolang kaling dijamin mudah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *