cara membuat jamu kunyit asam

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Aman dan Mudah

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Aman dan Mudah

Mungkin kamu sudah menanti lama karena penasaran dengan cara membuat jamu kunyit asam, oleh sebab itu kami akan membantu menjelaskan secara langsung. Kunyit dinilai menjadi tanaman rempah yang telah dikonsumsi sejak lama. Bahkan banyak orang khususnya wanita sudah sering mengonsumsi kunir setiap hari.

Dikarenakan di dalamnya mengandung banyak zat-zat seperti minyak atsiri dan juga kurkumin, jangan sampai kamu melewatkan kedua jenis tersebut. Indonesia menjadi satu-satunya negara yang memiliki keragaman tanaman rempah, bahkan dunia sudah mengakuinya. Oleh sebab itu keberadaan kunir sudah pasti tidak asing di telinga masyarakat luas.

Seringnya mengonsumsi kunir dalam sehari-hari sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, bahkan aman jika diminum setiap harinya. Jangan sampai kamu melupakan beragam fungsi menarik dari tanaman tersebut, salah satunya untuk menyehatkan jantung lho. Jika kamu ingin terhindar dari bau badan, mengonsumsi jamu jenis ini sangat direkomendasikan.

Lalu bagaimana cara membuat jamu kunyit asam? Yuk intip seluruh pembahasan lengkap di bawah ini sampai selesai. Dikarenakan bisa dibuat sangat mudah tanpa harus kesulitan lagi, selengkapnya ada di penjelasan berikut. Tanpa basa basi lagi, mari kita buka rahasia pembuatan jamu kunir sekarang juga.

Menyiapkan Resep Sederhana yang Akan Dibutuhkan

Ternyata bukan hanya kaya akan manfaat, tetapi juga memiliki rasa enak apabila sering mengonsumsi sehari-hari. Seseorang tanpa membutuhkan waktu lama dijamin langsung memperoleh manfaat bahkan tanpa ada efek samping. Nah, dalam pembuatan jamu ini cukup berjalan mudah kok, tinggal siapkan terlebih dahulu seluruh bahan utama.

Dikarenakan berbahan utama kunir juga, maka ambil kurang lebih 5 buah ini yang memiliki ukuran cukup besar. Jangan sampai salah mengambil jenis lain apabila kamu baru pertama kali mencoba buat sendiri. Dalam pemilihan buahnya, terdapat banyak jenis dari bentuk hingga kualitas yang punya kandungan berbeda-beda.

Memasuki bahan kedua, ambil gula jawa secukupnya, mungkin kurang lebih sekitar 100 gram saja sudah cukup. Penggunaan gula jawa akan memberikan rasa lebih manis dan juga membuat warna jadi cenderung coklat. Kemudian sisirlah tetapi tidak perlu dihaluskan, jika tidak ada bisa diganti menggunakan gula pasir.

Selanjutnya cara membuat jamu kunyit asam gunakan juga asam jawa sesuai kebutuhan, hal ini demi menciptakan rasa keasaman. Kalau bisa sesuai takaran tersebut yaitu sekitar 20 gram supaya enak ketika dikonsumsi sebagai jamu. Catatan penting bagi kamu apabila tidak terlalu suka manis bisa mengurangi gula.

Melihat perkembangan wisata kuliner yang berkembang pesat tidak akan bisa mempengaruhi keberadaan jamu. Dikarenakan mengonsumsi jamu akan membantu tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Oleh sebab itu mulai sejak dini biasakan konsumsi jamu agar tetap fit walaupun usia sudah tua.

Proses untuk Pembuatan Kunir Asam

Memasuki pada cara membuat jamu kunyit asam paling awal setelah mendapatkan kunir sebaiknya langsung dicuci sampai bersih. Pemilihan rempah harus masih segar supaya tidak mudah membusuk walaupun didiamkan beberapa lama. Berikutnya kupas kulit dari buahnya, lalu tinggal diparut menggunakan alat sederhana saja.

Ketika proses memarut telah selesai, langkah berikutnya bagi kamu harus memeras air di dalam kunir sampai benar-benar menjadi habis. Mengingat kandungan air perasan tersebut akan digunakan sebagai jamu pengobatan tradisional. Sebab kandungan pada perasan tersebut sangat besar sehingga bisa dimanfaatkan sejak dini untuk menjaga kesehatan.

Sebelum proses masak dimulai, panaskan terlebih dahulu semua air perasan tadi menggunakan panci dengan api sedang. Kemudian campurkan dengan gula sesuai selera dan ditambah menggunakan asam jawa. Tunggu sampai mendidih yang ditandai muncul asap serta gelembung air, setelahnya matikan kompor dan dinginkan beberapa saat.

Pada saat akan dikonsumsi sebisa mungkin disaring terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam gelas agar bersih dari sisa-sisa kunir diperas. Kalau mau langsung diminum tanpa disaring juga bisa asalkan sudah matang. Terakhir jamu siap dikonsumsi untuk menjaga kesehatan badan agar tetap kuat walaupun beraktivitas seharian.

Rajin mengonsumsi minuman kunir tradisional dijamin akan membuat stamina lebih terjaga dan pastinya menjaga diri kamu menjadi awet muda. Kini saatnya kamu mencoba sendiri membuat dari rumah dengan mengikuti penjelasan tadi. Ternyata cara membuat jamu kunyit asam sangat mudah dipahami serta bisa dipraktikkan langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *