Cara Daftar DTKS untuk Dapatkan Bansos Maret 2021 di dtks.kemensos.go.id

Cara Daftar DTKS untuk Dapatkan Bansos Maret 2021

Cara Daftar DTKS untuk Dapatkan Bansos Maret 2021 di dtks. kemensos. go. id

Pemerintah melalui Kementerian Sosial( Kemensos) akan kembali menyalurkan bantuan sosial( bansos) untuk periode Maret 2021

Paling tidak terdapat 2 bansos yang akan disalurkan Kemensos pada Maret 2021, ialah bansos tunai( BST) dan bansos pangan( BSP) ataupun bantuan pangan non tunai( BPNT).

Untuk diketahui, bansos 2021 BST diberikan pemerintah selama 4 bulan, mulai Januari sampai April 2021, dengan total uang bantuan mencapai Rp1, 2 juta per Keluarga Penerima Manfaat( KPM).

Penyaluran uang bantuan bansos 2021 BST diberikan secara bertahap tiap bulan, dengan besaran Rp300. 000 per bulan.

Dengan begitu, untuk sesi penyaluran Maret 2021, Kemensos akan kembali memberikan uang bansos 2021 BST sebesar Rp300. 000 per KPM.

Sebaliknya, bansos 2021 BSP/ BPNT diberikan sepanjang satu tahun, mulai Januari sampai Desember 2021, dengan total duit dorongan menggapai Rp2, 4 juta per KPM.

Penyaluran duit bansos 2021 BSP/ BPNT diberikan secara bertahap tiap bulan, dengan besaran Rp200. 000.

Dengan begitu, buat sesi penyaluran Maret 2021, Kemensos hendak kembali membagikan duit bansos 2021 BSP/ BPNT sebesar Rp200. 000 per KPM.

Untuk memperoleh 2 bansos Maret 2021 tersebut, warga wajib terdaftar sebagai peserta KPM yang terdata dalam Informasi Terpadu Kesejahteraan Sosial( DTKS) Kemensos.

Warga yang mau memperoleh bansos Maret 2021, dapat melaksanakan registrasi KPM DTKS dengan cara sebagai berikut.

Ketentuan Peserta KPM DTKS Kemensos

1. Masyarakat miskin/ rentan miskin.

2. Bukan anggota Aparatur Sipil Negeri( ASN), Tentara Nasional Indonesia(TNI), Polri.

3. Untuk BST, pastikan Anda warga terdampak Covid- 19 ataupun kehilangan mata pencaharian karna pemutusan hubungan kerja( PHK).

Cara Daftar Peserta KPM DTKS Kemensos

1. Tidak terdapat registrasi secara online. Jalani registrasi partisipan Keluarga Penerima Khasiat( KPM) ke aparat pemerintah wilayah setempat semacam RT/ RW ataupun ke kantor kelurahan/ desa.

2. Sehabis mendaftar di RT/ RW ataupun ke lantor kelurahan/ desa, nantinya hendak menemukan pesan pemberitahuan berisi teknis registrasi di tempat yang sudah didetetapkan.

3. Setelahnya, Kamu bawa informasi aksesoris semacam KTP, NIK, Kartu Keluarga( KK), serta Kode Unik Keluarga dalam Informasi Terpadu.

4. Informasi yang sudah dilengkapi, setelah itu hendak diproses oleh Himpunan Bank Kepunyaan Negeri( HIMBARA), kantor kelurahan, serta kantor wali kota/ kabupaten.

5. Khusus untuk BSP/ BPNT, nantinya hendak dibuatkan rekening bank, serta hendak diberikan Kartu Keluarga Sejahtera( KKS).

Pengecekan kepesertaan KPM DTKS, dapat dilihat di halaman dtks. kemensos. go. id, ataupun lewat aplikasi SIKS- Dataku.

Apabila ada pengaduan kasus, bisa menghubungi via email ke bansoscovid19@kemsos. go. id.

Dapat pula lewat Whatsapp ke no 0811- 1022- 210. Layanan Whatsapp ini tidak menerima layanan telepon. Anda dapat kirimkan pesan dengan format: nama lengkap( spasi) no KTP( spasi) alamat lengkap( spasi) aduan.***

 

Sumber : Kementerian Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *