8 Macam Saus Dimsum Yang Ngga Bikin Bosenin, Ada Saus Plum Saus sampai Saus Hoisin

8 Macam Saus Dimsum Yang Ngga Bikin Bosenin, Ada Saus Plum Saus sampai Saus Hoisin

Saus dimsum biasanya kita memakai saus yang itu itu saja, ternyata saus untuk dimsum terdapat banyak macamnya. Dari yang rasanya gurih sampai pedas juga ada.

Kalian juga dapat membuat macam macam saus ini untuk tipe dimsum apapun. Baik itu siomai, lumpia, ataupun bakpao. Berikut Saya akan memperkenalkan macam- macam saus yang sesuai untuk cocolan dimsum dikutip dari The Spruce Eats.

8 Macam Saus Cocol Untuk Dimsum

1. Chili oil

Untuk yang pertama, terdapat chili oil ala Cina yaitu salah satu saus cocolan kesukaan banyak orang.

Bahan utama untuk membuat saus ini, hanyalah cabai kering serta minyak sayur. Walaupun begitu, kalian boleh meningkatkan bahan lain semacam jahe ataupun ebi supaya rasanya lebih nikmat.

2. Soy ginger sauce( kecap asin jahe)

Banyak restoran Cina yang pula menyajikan dimsum dengan cocolan kecap asin serta jahe. Cara membuat saus cocolan dari kecap asin ini sangatlah gampang.

Cukup gabungkan kecap asin dengan jahe yang telah dicincang, kemudian tambahkan sedikit minyak wijen serta lada putih. Aduk rata, kemudian pakai buat cocolan.

Tidak hanya untuk dimsum, saus ini pula bisa digunakan buat mengasinkan santapan laut ataupun membumbui nasi goreng atau mi goreng.

3. Plum sauce

Plum sauce ataupun biasa diucap classic chinese duck sauce juga dapat digunakan untuk cocolan dimsum. Saus ini dibuat dari plum, aprikot, gula, serta aneka rempah.

Pada formula plum sauce klasik, bahan- bahan tersebut diproses sepanjang 2 minggu untuk memperoleh campuran yang cocok. Para penyuka vegetarian pula sering menambahkan saus plum ke dalam mi panas, nasi, serta tumisan sayur- mayur.

4. Thai peanut sauce

Saus buat cocolan dimsum tidak melulu wajib memakai resep ala Cina. Kalian juga memakai resep saus ala Thailand, salah satunya yakni saus kacang.

Bahan yang digunakan buat membuat saus ini cumalah, kacang panggang kering, kecap asin pekat, minyak wijen, bawang putih, serta aneka rempah.

5. Saus Hoisin

Saus hoisin merupakan saus celupan yang rasanya kuah serta pekat dan lengket teksturnya. Saus ini biasa digunakan selaku cocolan bebek peking. Tetapi kalian juga bisa memanfaatkannya untuk cocolan dimsum.

Saus ini dibuat dari kedelai yang disangrai serta dihaluskan. Setelah itu, dicampur dengan gula, air, cuka, bawang putih, wijen, serta aneka rempah.

Karena teksturnya lumayan kental, saus hosin umumnya dienderkan dengan sedikit air serta ataupun minyak wijen.

6. Saus asam manis

Saus asam manis merupakan salah satu saus pencelup yang terkenal dalam masakan Cina. Saus ini dapat digunakan buat bermacam perihal, mulai dari celupan dimsum sampai penyedap tumisan.

Dan ga hanya itu kalian juga bisa memakainya untuk olesan burger maupun lapisan sayap ayap goreng.

7. Vietnamese tamarind dipping sauce

Buah asam mempunyai cita rasa yang unik. Kalian bisa menggunakan buah asam buat membuat saus cocolan dimsum.

Salah satu resep yang bisa digunakan yakni vietnamese tamarind sauce. Pada formula ini kalian cuma butuh mengombinasikan asam jawa, cabai fresh, bawang putih, gula pasir, kecap ikan, serta sedikit air.

Tidak hanya nikmat disajikan selaku cocolan dimsum, saus ini pula dapat digunakan buat memagang aneka hidangan laut.

8. Mustard Saus

Mustard dapat digunakan buat cocolan dimsum. Rasanya yang unik cocok dimakan dengan lumpia ataupun siomai goreng. Padukan mustard dengan saus tomat untuk memperoleh rasa yang lebih unik serta nikmat.

Dengan ada nya 8 saus di atas di harapkan bisa membantu Kamu memilih saus agar Kamu tidak merasa bosan dengan saus yang itu itu saja. Semoga bermanfaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *