7 Cara Mudah Dan Ampuh Mengobati Batuk Secara Alami

Batuk merupakan penyakit yang semua orang pernah merasakan nya. Siapa orang nya apabila terkena penyakit batuk ini tidak kesal? batuk ini membuat kesal karena batuk menyebabkan tenggorokan gatal dan perih apabila kering.

Sebab, batuk dapat menjaga tenggorokan agar terbebas dari dahak dan iritasi lainnya.

Meski tergolong ringan, batuk yang terus menerus bisa mengganggu aktivitas Kamu sehari-hari. Ada banyak kemungkinan penyebab batuk, seperti alergi, infeksi virus dan bakteri.

7 Pengobatan Alami Batuk

Berikut 7 pengobatan alami guna membantu meredakan batuk :

1. Madu

Madu adalah obat tradisional yang sering di gunakan untuk sakit tenggorokan.

Sebuah studi mengatakan, madu bahkan dapat meredakan batuk lebih efektif dibandingkan obat OTC yang mengandung dextromethorphan (DM).

Kamu bisa membuat obat sendiri di rumah dengan mencampurkan 2 sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat dan lemon.

Madu berfungsi menenangkan, sedangkan lemon bisa membantu untuk mengatasi hidung tersumbat. Kamu juga bisa makan madu dengan cara langsung satu sendok atau mengoleskannya di atas roti untuk makanan camilan.

2. Probiotik

Priobiotik adalah mikroorganisme yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Walaupun tidak meredakan batuk secara langsung, mengonsumsi obat-obatan ini dapat membantu Kmu menyeimbangkan flora gastrointestinal. Flora gastrointestinal ialah bakteri yang hidup di dalam usus.

Sebuah studi telah menunjukkan penurunan jumlah orang yang tertular infeksi saluran pernapasan atas setelah diberikan berbagai jenis probiotik, walaupum bukti ini masih belum meyakinkan.

Cara paling alami yang bisa Kamu lakukan untuk mendapatkan probiotik ialah mellui makanan fermentasi, seperti yogurt, tempe, dan kimchi.

3. Jahe

Jahe ini dapat membantu kamu meredakan batuk kering atau asma karena memiliki sifat anti-inflamasi yang juga mampu meredakan nyeri dan mual.

Melansir dari Medical News Today, satu penelitian menunjukkan bahwa beberapa senyawa anti-inflamasi dalam jahe dapat mengendurkan membran di saluran udara, yang dapat mengurangi batuk. Dengan cara seduh teh jahe dengan menambahkan 20–40 gram irisan jahe segar ke dalam secangkir air panas. Lalu diamkan selama beberapa menit sebelum diminum. Tambahkan madu atau jus lemon untuk meningkatkan rasa dan lebih meredakan batuk.

4. Nanas

Nanas ini memiliki kandungan enzim bromelin yang hanya ditemukan di batang dan buah nanas.

Enzim itu dapat membantu Kamu menekan batuk serta membuat longgar lendir di tenggorokan.

Apabila Kamu ingin lebih menikmati manfaat nanas dan bromelain secara utuh dan maksimal, makanlah sepotong nanas atau minum 3,5 ons jus nanas segar tiga kali sehari.

5. Daun Peppermint

Daun peppermint ini terkenal dengan khasiat penyembuhannya.

Mentol yang terkandung di dalam peppermint dapat menenangkan tenggorokan dan bertindak sebagai dekongestan yang dapat membantu memecah lendir.
Kamu bisa mendapatkan keuntungan dari meminum teh peppermint atau dengan menghirup uap peppermint.

Untuk menghirup uap, Kamu bisa menambahkan 3 atau 4 tetes minyak peppermint untuk setiap 5 ons air panas. Lalu letakkan handuk di atas kepala Kamu, dan tarik napas dalam-dalam langsung di atas air.

6. Daun thyme

Daun thyme juga bisa kamu gunakan untuk penyakit pernapasan.

Satu studi menyarankan, sari yang diekstrak dari daun thyme yang dicampur dengan ivy dapat membantu meredakan batuk serta bronkitis jangka pendek.

Daun Thyme ini mengandung senyawa flavonoid yang mengendurkan otot tenggorokan yang terlibat dalam batuk dan dapat mengurangi peradangan.

Kamu bisa membuat teh thyme dengan mudah di rumah menggunakan 2 sendok teh daun timi yang dihancurkan dan 1 cangkir air mendidih. Lalu tutup cangkir, diamkan selama 10 menit, dan saring.

7. Garam dan air kumur

Meskipun pengobatannya terlihat amat sederhana, berkumur dengan garam dan air dapat membantu meredakan tenggorokan gatal yang menyebabkan kamu batuk.

Dengan cara mencampurkan seperempat hingga setengah sendok teh garam dengan 250 ml air hangat dapat membantu meredakan iritasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *