WHO peringatkan pandemi COVID-19 “belum berakhir”

www.naturaful.net – Seorang pejabat WHO memperingatkan bahwa “pandemi belum berakhir,” mencatat bahwa sirkulasi subvarian COVID-19 Omicron XBB memicu lonjakan di sejumlah negara Asia, dan mendesak masyarakat agar tetap waspada karena virus corona terus bersirkulasi di wilayah tersebut.

“Pandemi belum berakhir,” kata seorang pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan pada Jumat (21/10), menambahkan bahwa kemunculan subvarian yang berkelanjutan “menimbulkan risiko kemunculan kembali (virus) dan membuat sistem kesehatan kewalahan.”

Babatunde Olowokure, Direktur Keamanan Kesehatan dan Kedaruratan untuk WHO di Pasifik Barat, mengatakan Singapura dan Selandia Baru mengalami lonjakan kasus COVID-19, sementara Filipina, Korea Selatan, Jepang, Mongolia, dan Vietnam menunjukkan penurunan jumlah kasus infeksi, rawat inap, dan kematian yang berkelanjutan sejak Agustus.

Olowokure mengatakan pada konferensi pers bahwa sirkulasi subvarian COVID-19 Omicron XBB memicu lonjakan di Singapura, sementara BA.5 masih menjadi varian yang dominan di Selandia Baru.

“Singapura menerapkan kembali berbagai langkah keselamatan kesehatan masyarakat seperti membatasi pengunjung di rumah sakit dan panti jompo,” katanya.

Data WHO menunjukkan bahwa Wilayah Pasifik Barat melaporkan lebih dari 92 juta kasus COVID-19 terkonfirmasi, termasuk lebih dari 270.000 kematian sejak penyakit yang sangat menular dan mematikan itu muncul pada 2020.

Dikatakan oleh Olowokure bahwa penurunan jumlah kasus di beberapa negara terjadi karena “cakupan vaksin yang relatif tinggi,” namun dia mendesak masyarakat agar tetap waspada meski terdapat penurunan kasus yang dilaporkan secara regional dan global, menambahkan bahwa virus corona terus bersirkulasi di wilayah tersebut, demikian Xinhua dikutip Sabtu.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://www.naturaful.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.naturaful.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

TRENDING  Fakta-fakta Vaksin Covid IndoVac, Asli Buatan Indonesia!