Cara Mengatasi Android Lemot dengan Mudah

Cara Mengatasi Android Lemot – Handphone android merupakan suatu perangkat yang pasti dimiliki oleh orang-orang pada masa ini. Hal ini dikarenakan kemajuan teknologi yang yang sangat pesat sehingga banyak sekali smartphone dengan teknologi tinggi namun dijual dengan harga murah.

Seiring perkembangannya, aplikasi dalam handphone android juga terus melakukan update besar-besaran sehingga beberapa perangkat dengan teknologi menengah kebawah menjadi lambat atau lemot. Tentunya hal ini membuat kita tak nyaman dalam mengoperasikannya.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat smartphone jadi tidak lemot lagi tanpa perlu melakukan root. Bagi kamu yang penasaran silahkan simak tutorial dari naturaful berikut ini.

Penyebab Handphone Android menjadi Lemot

Ada banyak hal yang menyebabkan smartphone menjadi lemot. Diantaranya adalah grafik ataupun sistem tampilan pada smartphone yang membuat pengoperasian sistemnya menjadi semakin berat. Ketika system semakin berat, maka performa smartphone akan turun dan menyebabkan smartphone menjadi lemot.

Selain itu ada juga penyebab yang berupa terlalu banyak aplikasi yang diinstal yang melebihi atau pun mendekati batas kemampuan memori dari smartphone tersebut. Ketika memori dari smartphone telah penuh, sejarah otomatis beberapa aplikasi sistem tidak dapat berjalan dengan lancar. Hal itulah yang menyebabkan smartphone menjadi lemot.

Penyebab lainnya yaitu adanya virus atau Malware yang menyerang smartphone anda. Adanya virus atau Malware tersebut dapat dipastikan akan menyebabkan smartphone Android menjadi lemot bahkan bisa menyebabkan smartphone Anda rusak.

Virus dan malware bisa masuk ke perangkat anda melalui email atau pun sms. Ketika anda mendapatkan email yang mencurigakan kemudian anda membukanya, ketika email tersebut mengandung virus, maka virusnya akan masuk ke dalam perangkat anda.

TRENDING  Cara Download dan Install Aplikasi Versi Lama di iPhone atau iPad

Virus juga dapat masuk ketika anda mendownload aplikasi ilegal melalui browser dan menginstalnya di perangkat anda. Aplikasi tersebut ada kemungkinan mengandung virus atau malware. Ketika anda menginstal aplikasi tersebut, secara otomatis virus akan masuk ke perangkat anda.

Cara Mengatasi Handphone Android yang Lemot

Nah, setelah kamu mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan seseorang menjadi lemot, selanjutnya akan kami berikan tutorial bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

  1. Matikan fitur animasi bawaan pada smartphone. Untuk melakukan cara ini, kamu belum masuk dulu ke mode pengembang atau developer mode. Untuk bisa masuk ke mode tersebut, masuklah ke pengaturan, lalu carilah menu tentang telepon atau about. Setelah masuk ke menu tersebut kamu scroll ke bawah nanti kamu akan menemukan developer mode atau mode pengembang.

melalui developer mode tersebut kamu dapat mematikan animasi-animasi yang dapat memberatkan handphone. Namun ketika animasi tersebut dimatikan maka tampilan dalam HP kamu akan menjadi standar bahkan terkesan membosankan. Mulai dari animasi transisi, loading, dan banyak lagi. Jadi kamu bisa memilih apakah kamu akan mengutamakan tampilan atau proforma dari smartphone kamu.

Tapi ingat ya, hal ini hanya berlaku untuk smartphone Android. Adapun untuk smartphone iOs, kenapa kamu tidak bisa melakukan hal ini.

  1. Jangan instal aplikasi berlebihan bila memang smartphone kamu tidak memadai. Ketika kamu memiliki smartphone dengan RAM ataupun ROM yang rendah, makanya jangan banyak-banyak menginstal aplikasi. Installah aplikasi yang benar-benar kamu butuhkan.

Selain itu kamu juga perlu rajin membersihkan file-file ataupun gambar yang tidak kamu butuhkan lagi. Biasakan untuk membersihkannya secara rutin. Bentuk file-file yang masih kamu butuhkan solusinya bisa kamu simpan terlebih dahulu di Google Drive, lalu kemudian hapus yang ada di perangkat kamu.

  1. Hindari menginstal aplikasi dari sumber tidak diketahui karena hal tersebut sangat rawan membawa virus ataupun malware yang dapat mengganggu performa HP kamu bahkan bisa merusaknya. Ketika HP kamu sudah terlanjur terkena virus ataupun malware, apa bawalah ke tempat servis terdekat untuk dibersihkan. Dan jangan pernah menggunakan aplikasi pembersih virus yang ada di playstore karena hal itu hanya akan menambah beban HP kamu dan membuatnya semakin lemot.
TRENDING  Cara Mengembalikan Wireless Network Connection yang Hilang

Nah, itulah tadi ulasan mengenai tutorial bagaimana membuat HP kamu tidak lemot lagi. Jangan lupa untuk selalu merawat HP kamu dengan baik agar performa hp-mu selalu dalam kondisi yang baik. Semoga bermanfaat!