Perhatikan Skincare Untuk Menghilangkan Milia Dan Bruntusan Dengan Tepat

Milia dan bruntusan adalah dua masalah kulit wajah yang kehadirannya sangat tidak diinginkan, terkadang keberadaan keduanya benar-benar mengganggu penampilan, oleh karenanya perlu diatasi dengan benar. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan skincare, tetapi pemilihan skincare yang tidak tepat bisa menyebabkan masalah yang semakin parah, bagaimana cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare?

Skincare untuk Menghilangkan Milia dan Bruntusan

Milia merupakan bintik-bintik putih yang bisa Anda temukan di wajah, biasanya sering muncul di area bawah mata, pipi, hidung, dan dagu. Munculnya milia di wajah ini disebabkan adanya keratin (protein pada kulit) atau sel kulit mati yang terperangkap di kulit.

Sedangkan bruntusan atau jerawat pasir, menjadi salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh kulit wajah yang berminyak atau kombinasi. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab bruntusan ini, selain pemilihan produk skincare yang tidak benar, bisa juga disebabkan oleh iritasi kulit, alergi terhadap cuaca atau makanan, kulit yang tidak bersih, dan juga stress.

Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan agar mendapatkan kulit wajah yang mulus dan terbebas dari milia ataupun bruntusan. Salah satu cara mengatasi masalah kulit tersebut adalah dengan memilih skincare dengan kandungan beberapa bahan yang tepat, berikut ini beberapa kadungan yang perlu ada di dalam skincare Anda.

AHA dan BHA

Alpha hydroxy acid dan beta hydroxy acid, merupakan dua bahan yang biasa Anda temukan di sabun cuci muka serta produk eksofoliasi wajah, AHA dan BHA ini bisa membantu pengangkatan sel-sel kulit mati dan mengurangi produksi minyak berlebih yang menjadi salah satu penyebab munculnya milia.

TRENDING  8 Penyebab Nyeri Dada yang Bukan Serangan Jantung

Retinoid atau retinol

Retinol yang merupakan senyawa turunan dari vitamin A ini sangatlah bermanfaat untuk kesehatan kulit. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kandungan retinoid pada skincare bisa membantu menghilangkan bintik kecil berwarna putih di wajah, mengangkat sel kulit mati, dan membantu regenerasi sel kulit baru, sehingga tidak terjadi penyumbatan keratanin di bawah permukaan kulit, dan juga bisa mencegah munculnya jerawat pada wajah.

Produk skincare yang mengandung retinoid ini bisa Anda gunakan sehari sekali dengan cara dioleskan ke wajah yang ada milia atau jerawat pasirnya, pastikan wajah Anda dibersihkan dulu sebelum mengoleskan produk tersebut.

Produk noncomedogenic

Produk noncomedogenic adalah produk yang tidak menyebabkan penyumbatan pori-pori, sehingga milia jarang muncul di kulit wajah Anda. Selain itu, produk tersebut juga tidak menyebabkan munculnya komedo dan jerawat karena teksturnya yang ringan.

Produk bebas minyak

Produk skincare yang bebas minyak atau oil free juga bagus untuk mengatasi milia dan juga bruntusan, karena produk tersebut tidak menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit, sehingga kemunculan milia pada kulit wajah bisa dihindari.

Niacinamide

Kandungan niacinamide sangat membantu Anda untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat, mengurangi bekas jerawat dan manfaat penting lainnya.

Setelah mengetahui kandungan bahan yang baik untuk skincare Anda, berikut ini beberapa skincare yang perlu Anda gunakan sehari-hari, yakni

  • Sabun cuci muka
  • Pelembap
  • Tabir surya atau sunscreen
  • produk eksfoliasi wajah
  • Krim mata
  • Obat jerawat

Nah, itulah beberapa kandungan bahan yang perlu ada di setiap produk kecantikan yang Anda gunakan, jangan lupa perhatikan pemilihan skincare untuk menghilangkan milia dan bruntusan yang tepat, agat masalah yang muncul di kulit wajah bisa diatasi dengan benar.

TRENDING  Polusi sebabkan 4,1 persen kematian global