Penyebab Dan Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Dan Permanen

Mengalami masalah rambut rontok dalam kasus yang terbilang ringan sampai parah memang perlu diwaspadai agar tidak menimbulkan masalah kebotakan rambut. Dalam hal ini, seseorang yang mengalami masalah rambut rontok bisa melakukan beberapa tips cara mengatasi rambut rontok secara alami dan permanen menggunakan bahan – bahan yang mudah dijangkau di pasaran. Bagi Anda yang memiliki masalah rambut rontok, bisa menyimak beberapa tipsnya di artikel berikut ini.

Sekilas tentang rambut rontok

Pada dasarnya, rambut rontok dikenal sebagai suatu kondisi dimana tiap helai rambut terlepas dari kulit kepala maupun area lain di tubuh. Kondisi ini biasanya dapat menyerang banyak orang karena disebabkan oleh berbagai macam hal seperti faktor genetik, hormon tubuh yang berubah dan penggunaan obat – obatan tertentu.

Adapun dalam hal ini, penyebab kerontokan rambut sendiri biasanya terjadi dengan berbagai cara yang berbeda sesuai dengan faktor penyebabnya. Jika melihat dari beberapa kasus kerontokan rambut sendiri, biasanya dapat terjadi sementara dan bisa juga terjadi dalam waktu berkepanjangan atau dikenal dengan istilah kebotakan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasi rambut rontok yang berlebihan agar tidak berujung pada masalah kebotakan.

Apa penyebab rambut rontok setiap hari?

Mengingat rambut rontok dikatakan sebagai suatu masalah yang umum terjadi dan bisa dialami oleh siapa saja, maka dari itu untuk dapat mengatasi masalah ini perlu tahu terlebih dahulu mengenai apa saja faktor penyebab rambut rontok itu sendiri. Disini, faktor – faktor penyebab rambut rontok antara lain sebagai berikut :

  • Faktor genetik / keturunan keluarga

Salah satu penyebab mengapa rambut rontok terjadi pada seseorang biasanya karena adanya faktor keturunan yang berkaitan erat dengan usia. Kondisi ini biasanya dapat menyerang siapa saja, baik pria dan wanita dengan berbagai gejala dan penyebab yang berbeda – beda.

  • Adanya gangguan kesehatan tertentu

Rambut rontok juga bisa saja disebabkan karena seseorang memiliki masalah / gangguan kesehatan tertentu. Dimana dalam hal ini, seseorang memiliki riwayat penyakit seperti tiroid, autoimun, infeksi kulit kepala, kondisi ibu hamil, menopause dan lain – lain.

  • Penggunaan obat – obatan tertentu

Penggunaan obat – obatan tertentu juga bisa menjadi penyebab rambut rontok sering dialami seseorang. Biasanya, ada beberapa obat – obatan yang menimbulkan efek samping seperti rambut menjadi rontok di antaranya yakni obat kanker, obat penyakit jantung dan beberapa obat – obatan lainnya.

  • Kurangnya asupan protein dalam tubuh

Tidak hanya menyebabkan rambut rontok, masalah asupan protein dalam tubuh yang kurang juga bisa memicu terjadinya rambut kering dan bercabang. Sehingga, Anda perlu tahu bagaimana cara mengatasi rambut kering dan bercabang serta mengatasi masalah rambut rontok agar tidak terjadi berkepanjangan.

TRENDING  Kenali Penyebab Dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Yang Berlebihan

Gejala rambut rontok yang paling umum dialami seseorang

Ketika seseorang mengalami masalah rambut rontok, tentunya akan berdampak pada setiap helaian rambut yang semakin hari semakin berkurang dalam jumlah batas yang wajar, bukan? Biasanya, rambut rontok dapat terlihat secara jelas dengan berbagai gejala di antaranya sebagai berikut :

  • Rambut lama kelamaan akan semakin menipis secara bertahap
  • Terdapat bagian kulit kepala yang muncul bintik botak
  • Terjadinya masalah garis rambut yang kian menipis
  • Rambut yang diikat akan terlihat lebih tipis dari biasanya

Vitamin apa yang bagus untuk rambut rontok parah?

Dalam melakukan perawatan rambut rontok, seseorang diharuskan untuk tahu mengenai bagaimana cara mengatasi rambut rontok secara alami dan permanen. Sebelum mengetahui bahan – bahan alami untuk mengatasi rambut rontok, ada cara yang mudah dilakukan bagi Anda untuk dilakukan yakni dengan memenuhi berbagai vitamin yang baik untuk mengatasi masalah rambut rontok. Beberapa vitamin yang dimaksud disini antara lain sebagai berikut :

  • Vitamin A

Biar rambut gak rontok pake apa? Jawabannya adalah dengan memenuhi asupan vitamin A dalam tubuh. Ini wajib untuk lantaran vitamin A dapat membantu kelenjar kulit untuk dapat memproduksi minyak alami yakni sebum. Adapun sebum inilah yang nantinya bisa membantu melembabkan kulit dan menjaga kesehatan rambut. Disini, Anda bisa mengonsumsi sumber vitamin A seperti wortel, bayam, telur dan lain – lain.

  • Vitamin B

Kekurangan vitamin B juga bisa mengakibatkan masalah rambut rontok. Padahal asupan vitamin B dalam tubuh sangat penting untuk dapat membantu memproduksi sel darah merah agar bisa membawa oksigen dan nutrisi ke kulit kepala dan folikel rambut. Beberapa sumber vitamin B dapat Anda peroleh dari kacang almond, daging merah, ikan dan lain sebagainya.

  • Vitamin C

Sebagai antioksidan kuat yang mampu melindungi rambut dari paparan radikal bebas, vitamin C diklaim mampu memproduksi protein yang memiliki peranan penting sebagi kolagen yang menjadi bagian penting dari struktur rambut. Sehingga, masalah rambut rontok bisa diatasi dengan mudah. Adapun untuk memenuhi asupan vitamin C ini, Anda bisa mengonsumsi stoberi, jeruk dan jamu biji.

  • Vitamin D

Kondisi kerontokan rambut biasanya juga biasanya terjadi karena seseorang kurang mengonsumsi asupan vitamin D dalam tubuh. Padahal, sebuah penelitian menunjukkan bahwa salah satu vitamin rambut rontok bisa didapatkan dari vitamin D untuk membuat folikel rambut dan menutrisi rambut dengan baik. Asupan vitamin D dapat diperoleh dar minyak minyak hati, berbagai jenis jamur dan lain – lain.

  • Vitamin E

Sama halnya dengan vitamin C, vitamin E juga perlu dipenuhi untuk mengatasi masalah rambut rontok. Selain mencegah rambut rontok, Anda juga bisa menerapkan tips cara mengatasi rambut mengembang menjadi lurus alami dengan memenuhi kebutuhan vitamin E yang bagus bagi kesehatan rambut dari berbagai makanan seperti bayam, kacang almond dan alpukat.

TRENDING  Cara Mengatasi Bruntusan Secara Alami Yang Wajib Anda Ketahui

Bagaimana cara mengatasi rambut rontok dengan bahan alami?

Dalam mengatasi masalah rambut rontok, Anda bisa menggunakan aneka macam bahan alami yang bisa ditemukan di pasaran dengan harga terjangkau. Adapun beberapa cara mengatasi masalah rambut rontok antara lain sebagai berikut :

  • Lemon

Dengan kandungan vitamin C di dalamnya, lemon dapat berguna untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan mampu merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat. Cara menggunakannya, Anda cukup mengoleskan jus atau minyak lemon ke kulit kepala setelah keramas.

  • Kuning telur

Tahukah Anda, bahwa kuning telur yang kaya akan sumber vitamin A, biotin, folat dan asam amino ini cocok digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok. Bahkan, Anda yang sedang mencari mengenai apa obat alami untuk rambut kering? Maka bisa menggunakan bahan alami kuning telur ini karena selain mengatasi rambut rontok, bahan alami ini bisa berguna untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan membantu melembabkan rambut.

  • Santan

Tips mudah mengatasi rambut rontok bisa Anda lakukan dengan menggunakan bahan alami dari santan. Cara pengaplikasiannya, Anda cukup mengoleskan santan ke kulit kepala selama beberapa menit dan bilas hingga bersih. Di samping mengatasi rambut rontok, santan juga bisa dijadikan shampo alami untuk masalah rambut kering dan mengembang. Sehingga, Anda tidak bingung lagi mengenai shampo apa yang cocok untuk rambut kering dan mengembang.

Jadi, itulah ulasan menarik mengenai penyebab dan tips cara mengatasi rambut rontok secara alami dan permanen yang bisa Anda coba di rumah.