Ini Dia 5 Cara Mengatasi Wajah Bruntusan Untuk Ibu Hamil

Wajah bruntusan kerap dirasakan oleh sebagian orang baik remaja hingga ibu hamil. Permasalahan kulit satu ini nampaknya banyak dirasakan oleh ibu hamil. Meski banyak faktor penyebabnya, wajah bruntusan juga bisa diatasi dengan mudah.

Salah satu faktor penyebab mengapa kulit seseorang bisa mengalami bruntusan ialah karena mengganti-ganti produk skincare. Faktor ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare agar penangan yang dilakukan bisa diterapkan secara tepat.

Namun bagi ibu hamil tentu penanganan wajah bruntusan tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Ada banyak cara yang harus diperhatikan agar perawatan ini bisa dilakukan dengan benar. Untuk mengetahui selengkapnya, simak penjelasan 5 cara mengatasi bruntusan saat hamil di bawah berikut.

Membersihkan wajah secara rutin

Ada banyak faktor penyebab yang membuat seseorang bisa mengalami bruntusan yang cukup parah saat hamil. Salah satu yang sering terjadi karena penumpukan sel kulit mati, bakteri, hingga produksi minyak yang berlebihan. Oleh sebab itu kebersihan wajah itu sangatlah penting.

Untuk membantu mengatasi bruntusan saat hamil cobalah dengan menggunakan produk pembersih wajah yang ringan dan bebas dari alkohol, pewangi, dan pewarna. Saat mencuci muka, gunakan air hangat agar bruntusan dapat teratasi dengan cepat.

Memakai masker wajah madu

Ibu hamil tentu masih dianjurkan untuk melakukan perawatan wajah maupun tubuh. Untuk mengatasi kulit bruntusan ini, Anda bisa menggunakan madu sebagai masker wajah. Bahan alami ini dikenal dengan sifatnya sebagai antibakteri dan juga antiseptik.

Kandungan inilah yang dapat menghambat sekaligus membunuh bakteri pada permukaan kulit bruntusan. Untuk hasil maksimal, gunakan madu murni dengan mengoleskan madu ke wajah Anda lalu diamkan selama beberapa menit.

TRENDING  5 Cara Menghilangkan Bruntusan Pada Remaja Secara Cepat

Keramas rambut secara rutin

Tak hanya menjaga kebersihan wajah, ibu hamil pun tetap harus menjaga kebersihan rambut untuk mencegah munculnya bruntusan pada wajah. Seperti diketahui, bruntusan pada ibu hamil juga dapat disebabkan oleh kondisi rambut kotor yang mengenai area wajah.

Rambut yang kotor juga bisa diakibatkan oleh produksi minyak berlebih dan menempelnya kotoran dan rambut di kulit rambut. Oleh sebab itu, menjaga kebersihan rambut sangat penting dengan cara rutin berkeramas minimal 2 kali dalam seminggu.

Menjaga asupan makanan

Cara mengatasi wajah bruntusan saat hamil juga perlu diperhatikan dengan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Anda perlu mengetahui bahwa mungkin saja permasalahan kulit bruntusan yang dialami ternyata faktor dari mengonsumsi makanan atau minuman tertentu seperti junk food.

Untuk menjaga kesehatan kulit, mulailah mengubah kebiasaan sedari dini dengan mengonsumsi makanan serat dan bergizi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan.

Konsultasikan ke dokter kulit

Kulit bruntusan memang bisa menjadi permasalahan yang membuat ibu hamil tidak percaya diri bahkan stress. Berbagai produk yang dicoba pun tidak membuat permasalahan kulit Anda membaik.

Jika permasalahan bruntusan semakin berkepanjangan bahkan tidak kunjung membaik, segera konsultasikan permasalahan kulit Anda kepada dokter. Hal ini tentu perlu dilakukan agar penyebab permasalahan kulit yang Anda alami dapat teridentifikasi dan diatasi dengan tepat.

Itulah 5 cara mengatasi wajah bruntusan saat hamil agar wajah tetap cantik bersinar dan bersih. Hal yang paling penting untuk diingat juga oleh ibu hamil adalah dengan minum air putih agar kulit tetap terhidrasi dengan cukup seharian. Semoga bermanfaat!