Cara Memilih Shampo Apa Yang Cocok Untuk Rambut Kering Dan Mengembang

Rambut menjadi salah satu bagian tubuh yang sangat penting bagi seorang wanita. Mahkota yang sangat mempengaruhi penampilan seseorang. Wanita sering kali bermasalah dengan rambut, seperti sulit diatur, kering, rontok kusam hingga rambut mengembang dan kulit kepala berketombe.

Jenis Rambut

Sebelum kita membahas kira-kira kandungan shampo apa yang cocok untuk rambut kering dan mengembang, sebaiknya kita ketahui dahulu jenis-jenis rambut pada manusia secara umum. Karena mengetahui jenis rambut akan membuat anda dapat menentukan cara perawatan yang tepat, jenis rambut diantaranya seperti:

Rambut lurus

Rambut ini merupakan salah satu jenis yang cukup mudah untuk dirawat, rambut lurus pada umumnya tidak memiliki pola rambut ikal dari batang rambut. Ketebalan pada rambut meski memiliki jenis rambut lurus berbeda pada setiap orang. Jenis rambut lurus yang dimiliki oleh seseorang biasanya dipengaruhi oleh faktor genetik. Rambut lurus juga menjadi salah satu jenis rambut yang mudah atau menghasilkan minyak lebih banyak, sehingga anda juga harus sering mencuci rambut setidaknya 1-2 hari sekali.

Rambut bergelombang

Rambut bergelombang merupakan jenis rambut yang tidak terlalu lurus dan tidak juga keriting. Rambut bergelombang dimasukkan dalam tiga kategori seperti ,rambut bergelombang yang masih berpola rambut lurus, rambut bergelombang lebih tegas dan juga rambut bergelombang yang tebal.

Rambut ikal

Rambut ikal merupakan tipe yang lebih berpola dari rambut bergelombang. Rambut ikal merupakan salah satu tipe rambut yang cukup sulit dirawat karena dibutuhkan beberapa produk khusus. Rambut ikal sendiri dibagi menjadi dua kategori diantaranya yaitu, rambut ikal dengan pola yang lebar dan juga rambut ikal dengan tekstur padat dan bergelombang.

TRENDING  Momen Keanu Agl Pemotretan Pakai Gaun Pink, Publik: Mirip Nagita Slavina

Rambut Kribo

Merupakan jenis rambut yang cenderung kasar, dan cukup sulit perawatannya. Ketika disentuh biasanya memiliki tekstur kasar dan rendah kadar kelembabannya atau masuk dalam kategori rambut yang kering.

Cara memilih shampo untuk rambut kering dan mengembang

Setelah mengetahui beberapa jenis rambut, maka anda perlu mengetahui sebenarnya bagaimana cara merawat seperti memilih shampo apa yang cocok untuk rambut kering dan mengembang. Karena berbeda jenis rambut berarti berbeda juga cara merawat dan kandungan vitamin yang cocok untuk digunakan. Beberapa cara memilih shampo yang cocok untuk rambut kering dan mengembang diantaranya adalah:

Shampo dengan shea butter

Shea butter merupakan salah satu kandungan yang baik untuk merawat rambut kering dan mengembang. Berasal dari lemak kacang pohon Vitellaria Paradoxa membantu melembabkan rambut yang kering.

Shampo dengan minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu kandungan yang sangat cocok untuk merawat rambut kering dan mengembang. Shampo dengan kandungan minyak kelapa membuat rambut berhenti menyerap air dan mencegah rambut mengembang. Minyak kelapa juga membuat rambut terhindar dari resiko kekurangan protein sehingga juga cocok untuk cara mengatasi rambut rontok secara alami dan permanen.

Shampo dengan minyak argan

Shampoo dengan kandungan minyak yang terbuat dari biji pohon argan merupakan salah satu bahan yang baik untuk rambut kering dan mngembang. Minyak yang dihasilkan oleh biji pohon argan ini mengandung vitamin E yang dapat mencegah rambut kering dan membuat rambut tampak berkilau. Kemudian kandungan asam oleat dan linoleat dapat memberikan pelumas pada rambut sehingga menjadi lebih lembab.

Menghindari kandungan sulfat

Shampo apa yang cocok untuk rambut kering dan mengembang adalah yang tidak mengandung sulfat.busa yang ada pada shampoo merupakan bahan dari sulfat, hal tersebut dapat mengurangi kelenjar sebum atau minyak. Hal ini lah yang dapat membuat rambut kering.

TRENDING  Ada metaverse di Jakarta Fashion Week tahun ini