Beberapa Penyebab Bruntusan Dan Cara Mengatasinya Secara Tepat

Bruntusan ataupun bintik-bintik kemerahan atau putih pada wajah sebenarnya tak terlalu bahaya, namun mengganggu penampilan. Rasanya gatal, lalu apabila diraba tekstur kulit tidak merata dan kasar. Pada dasarnya penyebab bruntusan ialah akibat penumpukan minyak, dan sel-sel kulit mati, yang lalu menjadi radang akibat bakteri pada permukaan kulit. Namun perlu tahu penyebab bruntusan dan cara mengatasinya secara tepat sebagai berikut.

Kotoran pada Permukaan Kulit Wajah

Kulit wajah yang kotor dan berminyak yang tidak dibersihkan akan menimbulkan bruntusan. Hal ini karena minyak dan kotoran juga kulit mati yang menumpuk akan menyumbat keluarnya keringat serta minyak dari dalam kulit ke luar ke permukaan kulit, lalu timbul jerawat. Selain itu rambut yang kotor yang menempel pada kulit wajah juga akan menimbulkan bruntusan, terutama di bagian dahi pada model rambut berponi. Lalu jari tangan yang kotor yang menyentuh kulit wajah, terutama pada saat mengoleskan make up atau cream di wajah juga bisa menyebab bruntusan. Cara mengatasinya ialah dengan selalu menjaga kebersihan. Bisa basuh wajah dengan air bersih dan gunakan sabun wajah atau bersihkan dengan cleansing milk lalu tepuk-tepuk dengan kapas kecantikan yang telah ditetesi toner sesuai jenis kulit.

Kulit Mati yang Menumpuk

Inilah perlunya melakukan proses eksfoliasi atau pengelupasan sel-sel kulit mati secara rutin, karena kulit mati yang menumpuk akan menyumbat pori-pori kulit sehingga kulit sulit bernafas dan berbagai kotoran dari dalam kulit tak bisa dikeluarkan ke permukaan kulit, terperangkap lalu menimbulkan bruntusan dan jerawat.

TRENDING  Penyebab Dan Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Dan Permanen

Alat Make Up dan Pengoles Cream yang Kotor

Kondisi kulit bisa saja sudah bersih namun jika alat make up atau alat pengoles creamnya dalam keadaan kotor maka itu akan menyebabkan timbulnya bruntusan dan jerawat juga. Oleh karenanya hindari pemakaian peralatan make up dan perawatan muka secara bersama dengan orang lain, dan selalu cek dan bersihkan terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Perhatikan juga batas kedaluwarsanya.

Cuaca Panas

Cuaca yang panas akan terasa gerah dan menimbulkan munculnya keringat dan minyak lebih banyak pada permukaan kulit, jika tersumbat oleh make up atau penghalang lubang pori maka lalu akan timbul bruntusan dan jerawat. Oleh sebab itu maka sering seka keringat yang muncul dengan kertas tissue atau kain sapu tangan, jangan biarkan keringat sampai mengering di kulit. Lalu segera bersihkan kulit wajah dengan melalukan cuci muka atau menggunakan cleansing milk.

Sisa Make Up dan Pembersih Wajah yang masih Menempel di Kulit

Lalu yang sering tidak disadari ialah sisa make up atau bahkan clenasing milk pembersih muka yang masih menempel dan bersisa menyumbat pori-pori kulit dan dibiarkan hingga sampai semalaman, saat tidur hingga bangun tidur di pagi harinya, maka ini juga akan menimbulkan bruntusan dan jerawat. Jadi harus bersihkan secara tuntas tanpa sisa, bisa gunakan kapas atau dibilas dengan air hangat.

Sarung Bantal dan Haduk Kotor serta Kondisi Kamar Tidur

Kemudian cek sarung bantal juga handuk. Jika sudah kotor dan lama tidak dicuci maka perlu segera dicuci. Periksa juga kondisi sprei dan tempat tidurnya bisa jadi jarang dibersihkan sehingga ada tungau hingga semut, dan cek juga kondisi kamar, adanya sarang laba-laba yang menjadi perangkap kotoran bisa juga menimbulkan bruntusan dan jerawat.

TRENDING  Cara Hemat Pengobatan Jerawat Di Rumah

Bruntusan bisa juga timbul akibat alergi skincare dan iritasi juga stres. Cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare dan sebab lainnya bisa kompres dengan es untuk kurangi rasa gatalnya, jaga kebersihan dan gunakan aneka masker alami guna menyembuhkan jerawatnya. Lalu hindari penyebabnya.