Apa Penyebab Rambut Rontok Setiap Hari? Ini Dia Penyebabnya!

Apa yang Anda rasakan Setelah melakukan berbagai perawatan rambut, tapi rambut tetap saja rontok? Sebal sekali bukan? Banyak cara mengatasi rambut rontok secara alami dan permanen yang bisa Anda lakukan, akan tetapi yang lebih penting dari itu adalah mengetahui penyebab rambut Anda bisa rontok, agar perawatan yang dilakukan bisa sesuai.

Apa penyebab rambut rontok setiap hari?

Kerontokan rambut ini bisa terjadi oleh siapa saja, pria maupun wanita dan dari berbagai usia, kehilangan beberapa helai rambut saat Anda menyisirnya setiap hari memang sesuatu yang normal, tapi apa jadinya kalau rambut yang rontok ini bisa lebih dari 100 helai setiap harinya? Tentunya ada pemicu utama dari kerontokan rambut tersebut.

Ternyata ada banyak hal yang bisa menjadi pemicu rontoknya rambut Anda, jadi meskipun sudah melakukan perawatan menggunakan berbagai macam bahan, tapi Anda masih tidak mengetahui penyebab utamanya, dan juga masih melakukan berbagai kebiasaan yang kurang baik, maka hasil perawatan rambutnya juga menjadi kurang maksimal.

Oleh karenanya Anda perlu tahu terlebih dahulu penyebab yang membuat rambut Anda rontok setiap hari, terutama saat menyisirnya, berikut beberapa hal yang menjadi pemicu rontoknya rambut, yakni

Kurangnya asupan gizi

Kekurangan asupan gizi seperti protein dan zat besi yang masuk ke dalam tubuh ternyata tidak hanya menyebabkan terganggunya kesehatan tubuh, tetapi  juga bisa berakibat pada pertumbuhan rambut, yang mana helai rambut akan tumbuh lebih tipis dan juga rapuh, hal inilah yang menyebabkan rambut Anda selalu rontok setiap hari.

TRENDING  Kenali Penyebab Dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Yang Berlebihan

Kerontokan rambut ini bisa terjadi terutama bagi Anda yang memiliki gangguan makan atau sedang melakukan program diet, asupan protein yang rendah bisa membuat melemahnya struktur rambut dan berakibat pada pertumbuhan rambut yang lambat, kurangnya zat besi juga membuat rambut mudah patah.

Adanya perubahan hormon

Ternyata adanya perubahan hormonal pada tubuh juga bisa menjadi penyebab rontoknya rambut, perubahan hormonal ini bisa terjadi pada wanita hamil, fase setelah melahirkan, saat menyusui, dan saat memasuki fase menopause. Hal tersebut berkaitan dengan perubahan yang terjadi pada hormon progesteron dan estrogen.

Menggunakan produk perawatan rambut tertentu

Jika Anda sering melakukan perawatan rambut menggunakan produk berbahan keras seperti cat rambut dan bleaching rambut, atau mungkin Anda terlalu sering menggunakan pemanas rambut, maka hal tersebut juga bisa menjadi pemicu kerontokan rambut Anda.

Efek samping penggunaan obat tertentu

Penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa menjadi pemicu rontoknya rambut, seperti pemakaian vitamin A dosis tinggi, pil KB, obat hormonal, dan juga obat antidepresan. Kerontokan rambut juga bisa terjadi saat menjalani pengobatan tertentu seperti terapi radiasi atau kemoterapi.

Stres

Stres yang Anda alami juga bisa menjadi pemicu kerontokan rambut, baik seperti stres secara emosional maupun stres trauma fisik. Pertumbuhan rambut memiliki tiga fase, yakni fase pertumbuhan, fase istirahat, dan fase kerontokan, stres berat yang dialami bisa membuat fase kerontokan rambut datang lebih cepat.

Adanya penyakit tertentu

Selain hal-hal yang sudah dijelaskan sebelumnya, beberapa penyakit juga bisa menjadi pemicu kerontokan rambut, seperti adanya infeksi jamur di kepala, penyakit kelenjar tiroid, psoriasis kulit kepala dan sifilis.

Apa penyebab rambut rontok setiap hari? Ternyata banyak sekali faktor yang menjadi penyebab kerontokan rambut, untuk mengatasi kerontokan rambut tersebut, Anda perlu menemukan penyebab utamanya terlebih dahulu, baru melakukan perawatan yang sesuai.