7 Tempat di Jakarta yang Dianggap Angker, Pas Dikunjungi Saat Halloween

www.naturaful.net – Halloween yang jatuh pada 31 Oktober tiap tahunnya identik dengan hal-hal berbau horor dan mistis.

Di Indonesia, memang tidak ada perayaan Halloween secara khusus. Namun, ada beberapa tempat yang dianggap angker, termasuk di Jakarta.

Tempat-tempat berikut ini dapat dikunjungi kapan saja, bahkan bisa dilewati dengan kendaraan.

7 Tempat Angker di Jakarta

Berikut 7 yang dikenal angker dan mistis di Jakarta yang bisa kamu kunjungi untuk uji nyali saat Halloween:

1. Terowongan Casablanca

Terowongan Casablanca berada di bawah Jalan Kuningan, Jakarta Selatan. Dikutip dari (19/08/2022), dahulu terowongan ini merupakan tempat pemakaman umum (TPU).

Namun, TPU tersebut akhirnya dipindahkan ke tempat lain untuk dibangun menjadi jalan raya. Sayangnya, ada satu jenazah yang tidak sempat dipindahkan dan akhirnya ditimbun di bawah pembangunan jalan tersebut.

Selain itu, terdapat kisah bunuh diri dan pemerkosaan yang berujung pembunuhan di kawasan tersebut.

Arwahnya masih menggentayangi terowongan tersebut, bahkan menimbulkan kecelakaan maut. Maka, muncul mitos bunyikan klakson tiga kali saat lewat

2. Taman Langsat

Taman Langsat berlokasi di Jalan Barito, RT.1/RW.1, Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.

Taman ini terkenal angker karena menurut warga sekitar, Taman Langsat dihuni oleh makhluk-makhluk tak kasat mata.

Ditambah lagi, taman ini juga memiliki banyak pepohonan besar yang usianya mencapai ratusan tahun.

Dikutip dari , Kamis (31/10/2019), Taman Langsat juga pernah menjadi salah satu destinasi tur mistis di Jakarta pada 2019.

3. TPU Jeruk Purut

Tempat pemakaman umum (TPU) Jeruk Purut juga menjadi tempat mistis lainnya yang ada di Jakarta. Lokasinya ada di Jalan Madrasah nomor 14, RT 7/RW 6, Cilandak Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan.

TRENDING  Tempat Wisata Di Hokkaido Jepang

TPU ini kerap menjadi tempat pemakaman berbagai tokoh. Namun, TPU ini juga tidak jauh dari kata mistis.

Dikutip dari (22/08/2016), konon TPU ini terdapat penampakan sosok pasteur yang menjinjing kepalanya sendiri sambil berjalan di sekitar pemakaman.

Arwahnya dianggap sebagai sosok yang menjadi legenda di TPU Jeruk Purut. Konon, kamu bisa melihat penampakan sosok ini. Syaratnya datang pada malam Jumat dengan jumlah ganjil.

4. Rumah Kentang Prapanca

Rumah Kentang Prapanca ini juga menjadi salah satu destinasi mistis lainnya. Terletak di Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kisah rumah ini pernah diangkat menjadi sebuah film.

Dilansir dari (27/02/2014), sebuah film berjudul “Hantu Anak Rumah Prapanca” mengisahkan tentang meninggalnya seorang anak akibat terjatuh ke dalam kuali yang dipakai merebus kentang.

Maka dari itu, tempat ini diberi nama Rumah Kentang. Penghuni rumah ini juga kerap diganggu oleh arwah anak kecil ini. Tandanya adalah, tercium aroma kentang rebus.

5. Jalur Kereta Bintaro

Tempat yang satu ini menjadi mistis dan horor sebab memiliki sejarah yang kelam karena terjadi Tragedi Bintaro pada 19 Oktober 1987.

Dilansir dari (19/10/2020), pada tanggal itu telah terjadi kecelakaan maut yang melibatkan kereta api Merak dan kereta api Rangkas di kawasan Pondok Betung, Bintaro, Jakarta Selatan.

Kedua gerbong kereta tersebut bertabrakan kepala dengan kepala mengakibatkan keduanya hancur. Sekitar 156 orang meninggal pada tragedi tersebut. Tragedi ini juga menjadi peristiwa terkelam dan termaut dalam dunia kereta api Indonesia.

TRENDING  Patung kepala naga batu pasir ratusan tahun ditemukan di Kamboja

6. Toko Merah

Toko Merah berlokasi di Roa Malaka, Kecamatan Tambora, Kota Jakarta Barat dan dapat mudah dilihat dari jalanan besar di Kota Tua.

Itu karena lokasinya berada di pinggiran jalan dengan warna merah yang mencolok dibanding gedung-gedung sekitarnya.

Dilansir dari (05/02/2018), Toko Merah dahulu merupakan tempat tinggal tokoh Belanda bernama Gustaaf Willem Baron Van Imhoof, pada 1730.

Namun seiring berjalannya waktu, toko yang dahulu merupakan rumah ini berganti pemilik menjadi Oey Liauw Kong, serta dijadikan cagar budaya yang dilindungi berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 5 Tahun 1992.

Kini tempat ini menjadi sepi, sehingga banyak orang menganggap Toko Merah sebagai tempat yang mistis dan angker.

7. Jembatan Ancol

Tentu tidak asing dengan kata-kata Si Manis Jembatan Ancol. Kisah legendaris nan mistis ini tidak asing lagi di telinga masyarakat.

Bahkan, kisah ini pun diangkat menjadi sebuah film dan juga sinetron Indonesia. Dilansir dari (26/08/2022), terdapat mitos bahwa ada sosok penunggu perempuan berambut panjang yang menempati Jembatan Ancol bernama Mariam.

Kisah ini telah turun temurun sejak zaman Belanda. Sejak zaman penjajahan tersebut, daerah jembatan ini kerap memakan korban jiwa melalui rentetan kecelakaan yang terjadi.

Mariam ini dianggap sebagai sosok penyebab kecelakaan tersebut kerap terjadi. Menurut kisah yang beredar, Mariam dibunuh dan jasadnya dibuang sekitar 400 meter dari Jembatan Ancol. Maka dari itu, sosok ini masih dinilai gentayangan di Jembatan Ancol.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://www.naturaful.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.naturaful.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

TRENDING  Rute ke D’Qiano Spring Waterpark, Wisata Air Panas di Dieng