5 Cara Menghilangkan Bruntusan Pada Remaja Secara Cepat

Jerawat pasir atau yang lebih dikenal sebagai bruntusan memang sangat mengganggu kepercayaan diri setiap orang. Perlu diketahui, bahwa sebenarnya ada beberapa faktor penyebab wajah bruntusan. Jika bruntusan dialami akibat penggunaan produk skincare, Anda dapat mencari cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare.

Namun bruntusan juga dapat dialami oleh kalangan remaja. Hal ini bisa saja disebabkan oleh faktor hormon maupun penyebab lainnya. Permasalahan ini tentu perlu diatasi bagi remaja agar memiliki wajah yang cerah dan bersih. Untuk mengetahui selengkapnya, simak lebih lanjut cara menghilangkan bruntusan pada remaja yang wajib diketahui.

Rutin membersihkan wajah setiap hari

Bruntusan bisa saja terjadi akibat menumpuknya kotoran seperti debu, sisa makeup pada lapisan kulit. Terlebih jika Anda sering menghabiskan waktu seharian di luar ruangan. Maka dari itu, hal dasar yang harus dilakukan untuk mengatasi wajah bruntusan ialah dengan mencuci wajah setiap hari dengan benar.

Lakukan double cleansing agar wajah bersih dengan maksimal. Jangan lupa gunakan pembersih wajah yang lembut agar wajah tetap terasa lembab sepanjang hari. Dianjurkan untuk mencuci wajah secara rutin setidaknya 2 kali dalam sehari.

Rutin eksfoliasi wajah setiap minggu

Faktor lain akibat wajah bruntusan pada remaja ialah penumpukan sel kulit mati. Untuk mengangkat sel kulit mati inilah diperlukannya perawatan eksfoliasi setiap minggunya secara berkala. Gunakan kandungan yang mengandung BHA (Beta Hydroxy Acid) untuk membersihkan pori-pori hingga kulit terdalam.

Perlu diketahui, bahwa penggunaan produk eksfoliasi ini tidak dapat dilakukan setiap hari karena akan berdampak kepada kulit Anda. Untuk penggunaan secara aman, Anda wajib membaca keterangan pemakaian terlebih dahulu agar perawatan dilakukan secara maksimal.

TRENDING  Cara Mengatasi Rambut Mengembang Menjadi Lurus Alami

Rutin Memakai Masker Wajah

Cara menghilangkan bruntusan pada remaja juga dapat dibantu dengan memakai masker wajah secara rutin. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang memiliki khasiat untuk kesehatan wajah Anda. Tentunya Anda perlu memperhatikan takaran yang diperlukan agar masker dapat bekerja secara maksimal untuk meredakan wajah bruntusan.

Adapun bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan juga sangat mudah ditemukan di rumah. Salah satunya seperti madu, lidah buaya, oatmeal, lemon dan lain-lain. Campur bahan-bahan alami yang Anda miliki, masker dapat diaplikasikan ke wajah yang bruntusan.

Rutin memakai pelembab wajah setiap hari

Baik remaja yang memiliki kulit kering atau berminyak, pelembab adalah salah satu produk yang wajib digunakan untuk mengatasi bruntusan. Sebaiknya, pelembab wajah pun harus digunakan secara rutin sebanyak 2 kali sehari.

Untuk mengatasi permasalahan kulit bruntusan, Anda juga harus memilih produk pelembab yang tepat. Pilihlah produk pelembab yang memiliki kandungan seperti ceramide, gliserin, urea, dimethicone, dan lain-lain agar wajah teratasi dari permasalahan bruntusan.

Membatasi produk susu dan sejenisnya

Salah satu penyebab munculnya bruntusan di wajah adalah karena mengonsumsi susu atau olahan susu seperti keju, yoghurt, dan lain-lain. Diketahui susu dan produk olahan susu ini mengandung hormon yang bisa menyebabkan kulit mengalami bruntusan dan jerawat.

Jika Anda mengalami masalah kulit seperti bruntusan atau jerawat, tentu produk olahan seperti susu ini wajib dihindari. Untuk menghilangkan bruntusan secara efektif, beri batasan asupan susu dan produk olahan susu lainnya selama dalam masa perawatan.

Itulah 5 cara menghilangkan bruntusan pada remaja yang wajib Anda ketahui untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap cerah dan bersih. Cara ini tentu ampuh dan sangat efektif dilakukan terutama bagi para remaja yang memiliki permasalahan serius seputar bruntusan. Semoga bermanfaat!

TRENDING  4 Bahan Alami Yang Bisa Menghilangkan Bruntusan Dengan Cepat