4 Cara Menghilangkan Bruntusan Karena Cream

Pada saat pertama kali menggunakan cream atau pada saat berganti skincare baru maka lalu timbul bruntusan. Nah tak perlu bingung dan panik, bisa jadi itu adalah proses purging, tapi tidak menutup kemungkinan itu bisa saja terjadi akibat alergi dan iritasi. Nah guna mengetahui perbedaannya dan cara mengatasinya maka simak cara menghilangkan bruntusan karena cream berikut ini.

Apa itu Purging

Purging ialah ialah proses pembersihan sel-sel kulit mati dan toksin berbagai racun dan zat tak berguna dari balik kulit ke permukaan, termasuk biang jerawat yang menjadi lebih cepat berproses, lebih cepat matang, yang dipicu oleh skincare atau cream yang mengandung zat aktif, seperti AHA, dan asam salisilat, serta retinoid, dan retinol, serta retinyl palmitate, juga tazarotene, dan vitamin C, serta benzoil peroksida. Proses purguing akan menimbulkan bruntusan hingga jerawat yang banyak timbul pada lokasi atau tempat-tempat biasanya timbul jerawat dan cepat matangnya.

Beda Purging dengan Alergi

Nah salah satu ciri purging, yakni jerawatnya muncul di lokasi yang biasa tumbuh jerawat. Kemudian ciri lainnya lagi ialah pada jangka waktunya yang tak lama. Proses purging bisa berlangsung hingga paling lama sekitar 2 pekan saja. Hal ini berbeda jika akibat bruntusannya ialah oleh sebab lain seperti iritasi atau alergi yang bisa berlangsung lebih lama hingga 4 pekan lebih dan bahkan sampai seterusnya selama menggunakan cream atau skincare tersebut tanpa henti.

Cara mengatasi wajah bruntusan akibat Skincare

Guna mengatasi masalah ini maka perlu diketahui dulu yang menjadi penyebab utama bruntusannya sebagai berikut.

TRENDING  Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah Sensitif

Purging

Jika akibat purging, pastikan pemakaian skincarenya sudah benar sesuai aturannya dan juga pastikan bahwa kondisi kulit dalam keadaan bersih ketika memakai cream nya. Bisa bilas atau cuci muka dengan sabun muka dan air hangat, atau bersihkan kulit wajah dengan cleansing milk lalu tepuk-tepuk dengan kapas kecantikan yang telah ditetesi toner sesuai jenis kulitnya, baru memakai creamnya, lalu cukup tunggu selama 2 pekan hingga maksimal 6 pekan maka bruntusan akan mereda dengan sendirinya setelah seluruh racun toksid di kulit keluar semua.

Kulit atau Tangan yang Kotor

Bruntusan juga bisa terjadi akibat saat memakai cream atau skincare dalam kondisi kotor, baik itu pada kulit wajah atau pada tangan dan jari atau alat untuk mengoleskan creamnya. Sehingga terjadi kontaminasi dan penyumbatan keluarnya minyak akibat sumbatan kotoran pada permukaan kulit, lalu timbul jerawat dan bruntusan. Cara mengatasinya ialah pastikan tangan dan alat untuk mengoles cream dalam kondisi yang bersih juga kondisi kulitnya telah dibersihkan terlebih dahulu. Jika telah timbul jerawat dan bruntusannya maka bisa pakai masker alami.

Iritasi

Kemungkinan lain bruntusan terjadi akibat iritasi kulit atau istilah medisnya ialah dermatiris kontak iritan, yakni reaksi kulit yang timbul akibat penggunaan produk perawatan kulit dan kecantikan pada kulit yang kering atau tipis atau jenis sensitif. Apalagi jika cream atau skincare yang digunakan memiliki kandungan AHA, dan tretinoin, serta mengandung zat wewangian ataupun parfum. Kulit kering atau sensitif telah kehilangan sebagian dari lapisan pelindungnya, sehingga mudah iritasi.

Gejala yang menjadi ciri khasnya ialah bruntusan yang disertai dengan sensasi kulit terasa terbakar, dan perih, juga gatal, serta timbul kemerahan pada area kulit yang telah diolesi produk skincare atau creamnya. Cara mengatasinya ialah ganti creamnya, hindari bahan zat tersebut di atas, pilih cream yang tidak mengandung beberapa zat iritan dan gunakan pelembab wajah, juga cukup minum air putih.

TRENDING  Perhatikan Skincare Untuk Menghilangkan Milia Dan Bruntusan Dengan Tepat

Alergi Kulit

Bruntusan juga bisa timbul akibat alergi kulit atau istilah medisnya ialah dermatitis kontak alergi. Hal ini terjadi sebagai reaksi tubuh dari paparan zat alergen yang berasal dari kandungan skincare tertentu, seperti zat pewangi atau zat pengawet, formaldehyde, atau phenoxyethanol, atau paraben dan lain-lain, hingga bengkak dan gatal.

Jika bruntusan berlangsung lama maka sebaiknya hentikan pemakaian creamnya. Sedangkan guna mengatasi bruntusan yang telah terlanjur muncul dan meredakan rasa gatalnya maka bisa kompres dengan air es. Rutin bersihkan kulit wajah namun jangan disentuh dengan tangan kotor atau dipencet-pencet jerawatnya agar tidak menimbulkan bekas luka di wajah nantinya.

Juga bisa gunakan berbagai masker alami, seperti masker aloe vera, atau cuka apel yang telah ditambahkan air bersih guna mengurangi sedikit kadar asamnya, atau masker putih telur atau masker tomat, atau madu dan lain sebagainya guna menyembuhkan jerawatnya.